Peran Ajaran Thoriqoh Qadiriyah Wa Naqsabandiyah Di Pondok Pesantren At-Taqwa Desa Mulyorejo Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan Tahun 1985-2017 M

Fatimatuzzahro, Siti (2022) Peran Ajaran Thoriqoh Qadiriyah Wa Naqsabandiyah Di Pondok Pesantren At-Taqwa Desa Mulyorejo Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan Tahun 1985-2017 M. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI_SITI FATIMATUZZAHRO_U20174029.pdf

Download (5MB)

Abstract

Fatimatuzzahro, Siti. 2022: Peran Ajaran Thoriqoh Qadiriyah Wa Naqsabandiyah Di Pondok Pesantren At-Taqwa Desa Mulyorejo Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan Tahun 1985-2017 M.

Thoriqoh Qadiriyah wa Naqsabandiyah adalah thoriqoh gabungan dari dua thoriqoh besar yaitu Thoriqoh Qadiriyah dan Thoriqoh Naqsabandiyah. Thoriqoh ini didirikan oleh seorang tokoh asal Indonesia Ahmad Khatib ibn ‘Abd Al-Ghaffar Sambas atau dikenal sebagai Ahmad al-Sambasi (1802-1872). Dia berasal dari Sambas Kalimantan Barat yang bermukim dan mengajar di Makkah pada pertengahan abad ke-19. Thoriqoh ini terus berkembang hingga seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia salah satunya Thoriqoh Qadiriyah Wa Naqsabandiyah di Pondok Pesantren At-Taqwa Desa Mulyorejo Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan yang didirikan oleh KH. M. Aly Bahruddin pada tahun 1984 M.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana Ajaran Thoriqoh Qadiriyah Wa Naqsabandiyah di Pondok Pesantren At-Taqwa pada Tahun 1985-2017 M? (2) Bagaimana Pengaruh Ajaran Thoriqoh Qadiriyah Wa Naqsabandiyah Pondok Pesantren At-Taqwa Terhadap Masyarakat Desa Mulyorejo?. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan sekaligus memahami ajaran Thoriqoh Qadiriyah Wa Naqsabandiyah di Pondok Pesantren At-Taqwa Desa Mulyorejo Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan tahun 1985-2017 M, pandangan masyarakat terhadap Thoriqoh Qadiriyah Wa Naqsabandiyah, dan pengaruh dari Thoriqoh Qadiriyah Wa Naqsabandiyah terhadap masyarakat.
Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode penelitian sejarah. Teori yang diambil dalam penelitian skripsi ini adalah teori Continuity and Change yang dikemukakan oleh John Obert Voll yang digunakan untuk mengamati dan menjelaskan perubahan yang terjadi dalam perkembangan Thoriqoh Qadiriyah Wa Naqsabandiyah Pondok Pesantren At-Taqwa dari tahun 1985-2017 M yang mampu memberikan pengaruh terhadap masyarakat. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan historis dan sosiologis.
Ajaran Thoriqoh Qadiriyah Wa Naqsabandiyah Pondok Pesantren At-Taqwa Cabean merupakan salah satu Jam’iyah Ahli Thoriqoh Mu’tabaroh Qadiriyah Wa Naqsabandiyah sudah terbentuk sejak 29 Sya’ban 1405 H, yang dibimbing, dibina, dan dikembangkan oleh KH. M. Aly Bahruddin. Pandangan masyarakat terhadap jama’ah Thoriqoh Qadiriyah Wa Naqsabandiyah sangatlah postif, hal itu ditandai dan dapat dilihat bahwa pengikut ajaran Thoriqoh Qodiriyah Wa Naqsabandiyah semakin bertambah. Sehingga mereka dapat merasakan pengaruhnya setelah mengikuti ajaran tersebut seperti yang terlihat dalam bidang keagamaan, dakwah, pendidikan, sosial dan ekonomi.

Kata kunci: Thoriqoh Qadiriyah Wa Naqsabandiyah, Pondok Pesantren At-Taqwa, Kabupaten Pasuruan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Nn Siti Fatimatuzzahro Fatimah
Date Deposited: 18 Jul 2022 06:23
Last Modified: 18 Jul 2022 06:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10381

Actions (login required)

View Item View Item