Makna Kata Toyron Ababil, Hijaroh min Sijjil, dan Ashfun Ma'kul menurut Penafsiran Al-Tabari dan Muhammad Abduh

Taufiq, Yuliana (2022) Makna Kata Toyron Ababil, Hijaroh min Sijjil, dan Ashfun Ma'kul menurut Penafsiran Al-Tabari dan Muhammad Abduh. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
Yuliana Taufiq_U20151037.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Yuliana Taufiq, 2022: Makna Kata T}oyron aba>bi>l, H{ija>roh Min Sijji>l Dan ’Ashfun Ma’ku>l Menurut Penafsiran Al-T{abari Dan Muhammad Abduh
Kata Kunci : T}oyron aba>bi>l, H{ija>roh Min Sijji>l, ’Ashfun Ma’ku>l
Di antara banyaknya kisah yang tercantum dalam Al-Qur’a>n. Terdapat sebuah kisah yang menarik perhatian, yaitu kisah pasukan bergajah yang dipimpin oleh Abrahah, penguasa Yaman yang berada di bawah kekuasaan Negus di Ethiopia. Dan kisah ini Allah abadikan dalam surat Al-Fi>>l. Dalam menafsirkan surat ini, banyak menimbulkan berbagai pemahaman di kalangan para mufassir di antaranya penafsiran klasik yaitu Al-T{abari yang terdapat dalam kitab Tafsir Ja>mi’ al-Baya>n ‘an Ta’wi>li ay al-Qur’a>n dan penafsiran modern yaitu Muhammad Abduh dalam Tafsir Juz ‘Amma.
Untuk mengetahui tentang perbedaan penafsiran surat Al-Fi>>l, maka fokus kajian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) 1. Apa Persamaan dan Perbedaan penafsiran Abu Ja’far Al-T{abari dan Muhammad Abduh tentang makna t}oyron aba>bi>l, h}ija>roh sijji>l dan ’ashfun ma’ku>l dalam Tafsir Ja>mi’ al-Baya>n ‘an Ta’wi>li ay al-Qur’a>n dan Tafsir Juz ‘Amma? 2) Bagaimana analisis perbandingan penafsiran Abu Ja’far Al-T{abari dan Muhammad Abduh terkait makna t}oyron aba>bi>l, h}ija>roh sijji>l dan ’ashfun ma’ku>l dalam Q.S Al-Fi>>l ayat 3-5 dalam Tafsir Ja>mi’ al-Baya>n ‘an Ta’wi>li ay al-Qur’a>n dan Tafsir Juz ‘Amma?
Tujuan penelitian ini: 1) Untuk mendeskripsikan Apa Persamaan dan Perbedaan penafsiran Abu Ja’far Al-T{abaridan Muhammad Abduh terkait makna t}oyron aba>bi>l, h}ija>roh sijji>l dan ’ashfun ma’ku>l dalam Tafsir Ja>mi’ al-Baya>n ‘an Ta’wi>li ay al-Qur’a>n dan Tafsir Juz ‘Amma. 2) Untuk mendeskripsikan bagaimana analisis perbandingan penafsiran Ja’far Al-T{abaridan Muhammad Abduh tentang makna t}oyron aba>bi>l, h}ija>roh sijji>l dan ’ashfun ma’ku>l dalam Tafsir Ja>mi’ al-Baya>n ‘an Ta’wi>li ay al-Qur’a>n dan Tafsir Juz ‘Amma.
Penelitian ini bersifat kepustakaan (library research), karena semua sumber data yang dianalisa dan yang akan digunakan adalah dari bahan-bahan tertulis, baik dari buku, naskah atau lainnya yang hubungan dengan penelitian ini. Selain itu penelitian ini menggunakan metode yang bersifat deskriptif komparatif.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Muhammad Abduh memiliki pemahaman yang berbeda dengan para mufassir lainnya. Perbedaan yang terlihat terdapat dalam penafsiran t}oyron yaitu Hewan dari jenis nyamuk dan lalat. Penafsiran kedua dari kata h}ija>roh min sijji>l , Muhammad Abduh menafsirkannya dengan tanah liat atau lumpur kering yang ada racun atau bibit penyakit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Toyron ababil, Hijaroh Min Sijjil, ’Ashfun Ma’kul
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Mrs Yuliana Taufiq
Date Deposited: 09 Aug 2022 07:34
Last Modified: 09 Aug 2022 07:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10432

Actions (login required)

View Item View Item