Penerapan Prinsip Good Corporate Governance Bank Syariah Indonesia KCP Lumajang

Nurul Laili, Az Zahro (2022) Penerapan Prinsip Good Corporate Governance Bank Syariah Indonesia KCP Lumajang. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ.

[img] Text
Nurul Laili Az Zahro _ E20183143.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nurul Laili Az Zahro,Nur Ika Mauliyah, 2022: Penerapan Prinsip Good Corporate Governance Bank Syariah Indonesia KCP Lumajang.
Bank syariah Indonesia merupakan industri perbankan hasil dari penggabungan tiga bank BUMN yaitu bank Mandiri Syariah, BNI Syariah, dan BRI Syariah, yang telah di resmikan pada 1 Februari 2021. Pada kegiatanya, perbankan harus menerapkan tata kelola yang baik yang didalamnya terdapat prinsip keterbukaan (transparancy), akuntabilitas (accountability), pertanggung jawaban (responsibility), independensi (independency), dan kewajaran (fairness).
Fokus masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan prinsip Good Corporate Governanedi Bank Syariah Indonesia KCP Lumajang? (2) Adakah kendala dalam penerapan prinsip Good Corporate GovernaneBank Syariah Indonesia KCP Lumajang?
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan prinsip Good Corporate Governanedi Bank Syariah Indonesia KCP Lumajang. (2) untuk mengetahui kendala dalam penerapan prinsip Good Corporate Governane Bank Syariah Indonesia KCP Lumajang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah Bank Syariah Indonesia KCP Lumajang. Penulis menggunakan teknik pengumpulan data triangulasi data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Peneliti menggunakan teknik keabsahan data dengan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Bank Syariah Indonesia KCP Lumajang telah menerapkan prinsip Good Corporate Governance (GCG) sesuai dengan Peraturan Bank Indonesia (PBI) No. 4/8/PBI/2006 dan Bank Syariah Indonesia KCP Lumajang telah patuh terhadap syariah (sharia Compliance) sesuai dengan Peraturan Bank Indonesia (PBI) No. 11/33/PBI/2009. Kendala internal dalam penerapan prinsip ini yaitu kurangnya pemahaman mengenai prinsip GCG oleh karyawan, kedala eksternal yaitu lingkungan masyarakat yang kurang mendukung perluasan pembiayaan bank.

Kata Kunci: Prinsip Good Corporate Governance, Sharia Compliance, Bank Syariah Indonesia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Depositing User: Nurul Laili Az Zahro
Date Deposited: 10 Aug 2022 01:42
Last Modified: 10 Aug 2022 01:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10442

Actions (login required)

View Item View Item