Pengaruh Need for Achievement terhadap Kemampuan Self Regulated Learning pada Siswa Kelas X MIPA Tahfidz MAN 1 Jember

Abdillah Zuhair Deyon, Annisa (2022) Pengaruh Need for Achievement terhadap Kemampuan Self Regulated Learning pada Siswa Kelas X MIPA Tahfidz MAN 1 Jember. Undergraduate thesis, UIN K. H. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ANNISA ABDILLAH ZUHAIR D. - D20185018.pdf

Download (4MB)

Abstract

Annisa Abdillah Z. D., 2022 : Pengaruh Need for Achievement (N-Ach) terhadap Kemampuan Self Regulated Learning pada Siswa Kelas X MIPA Tahfidz MAN 1 Jember.

Kata Kunci : Need for achievement, self regulated learning, kuantitatif

Tuntutan untuk menyelesaikan tugas-tugas akademik dan mencapai target yang sudah ditetapkan membuat siswa perlu memiliki kemampuan self regulated learning (SRL). Kemampuan SRL akan membantu siswa dalam merencanakan, melaksanakan, memonitor, dan mengevaluasi proses belajarnya sehingga dapat mendukung performa akademiknya. Need for achievement (n-Ach) merupakan kebutuhan dalam diri individu yang dapat mendorong setiap individu untuk berusaha sebaik mungkin agar mampu memenuhi kebutuhannya untuk berprestasi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh need for achievement (n-Ach) terhadap kemampuan self regulated learning pada siswa kelas X MIPA Tahfidz MAN 1 Jember. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survei. Penelitian ini menggunakan tes EPPS untuk mengukur need for achievement (n-Ach) dan angket untuk mengukur kemampuan self regulated learning yang diberikan kepada subjek yaitu 25 siswa kelas X MIPA Tahfidz MAN 1 Jember. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan cara pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh need for achievement terhadap kemampuan self regulated learning dengan koefisien determinasi 0,032. Hal tersebut berarti need for achievement tidak memberikan pengaruh besar terhadap kemampuan self regulated learning, hanya 3,2% sedangkan 96,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: ms annisa abdillah zuhair deyon
Date Deposited: 20 Jul 2022 08:07
Last Modified: 20 Jul 2022 08:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10460

Actions (login required)

View Item View Item