PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DAN PEDULI SOSIALPADA REMAJA MASJID AL-BAITUL AMIEN JEMBER

Yuniar, Cindika (2022) PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DAN PEDULI SOSIALPADA REMAJA MASJID AL-BAITUL AMIEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Khas Jember.

[img] Text
CINDIKA YUNIAR ARIFINDA_T20171247.pdf

Download (3MB)

Abstract

Cindika Yuniar Arifinda, 2022: Pendidikan Karakter Religius dan Peduli Sosial Remaja Masjid Al-Baitul Amien Jember
Kata Kunci:Pendidikan Karakter, Karakter Religius, Karakter Peduli Sosial.Kedudukan remaja terhadap masjid memiliki peran yang sangat penting dalam hal kemasjidan, generasi muda menjadi tumpuan dan harapan besar bagi kemakmuran di masa sekarang dan akan datang. Masjid memiliki fungsi ganda, sebagai tempat ibadah dan tempat kegiatan sosial.Pendidikan karakter penting bagi remaja untuk membangun karakter baik salah satunyakarakter religius dan karakter peduli sosial.Fokus penelitian ini adalah: Pembelajaran moral knowing tentang karakter religius dan peduli sosial, penanaman moral feeling tentang karakter religius dan peduli sosial, dan perwujudan moral action tentang karakter religius dan peduli sosial pada Remaja Masjid Al-Baitul Amien Jember.Tujuan penelitian ini adalah: Mendeskripsikan pembelajaran moral knowing, penanaman moral feeling, dan perwujudan moral action tentang karakter religius dan peduli sosial pada Remaja Masjid Al-Baitul Amien Jember.Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus.Teknik pengumpuan data yang digunakan adalah observasi,wawancara dan studi dokumen. Analisis data menggunakan model analisis data interaktif yang dikemukakan oleh Milles, Huberman, dan Saldana pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Pembelajaran moral knowing diberikan kepada anggota Remaja Masjid Al-Baitul Amien Jember dengan mengajarkan pentingnya beribadah kepada Allah SWT dan peduli sosial melalui kegiatan yang berkaitan dengan dua pendidikan karakter tersebut. Anggota sudah mengaplikasikan nilai moral baik.Ketika anggota memiliki sebuah masalah maka semua dapat terlibat. 2) Penanaman moral feeling pada anggota dengan mewajibkan anggota mengikuti beberapa kegiatan seperti sholat berjamaah, mengaji dan menghafal Al-Quran, dan saling membantu sesama. Anggota yang mengikuti banyak kegiatan kemasjidan sudah dapat mengandalkan dirinya sendiri. Remaja Masjid yang lain belajar kepada Remaja Masjid Al-Baitul Amien Jember tentang bagaimana cara program kerja terlaksana dengan baik. 3) Tiga aspek moral action seperti kompetensi, keinginan, dan kebiasaan sudah diwujudkan oleh anggota Remaja Masjid Al-Baitul Amien Jember. Keinginan anggota sudah ada ketika anggota bergabung dengan organisasi Remaja Masjid Al-Baitul Amien Jember.Remaja Masjid Al-Baitul Amien Jember mempunyai kebisaan-kebiasaan baik seperti selalu ingin membantu sesama, sedekah, bersih-bersih masjid, dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Cindika Yuniar Arifinda
Date Deposited: 20 Jul 2022 09:19
Last Modified: 20 Jul 2022 09:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10464

Actions (login required)

View Item View Item