Implementasi Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di SMP Negeri 1 Rogojampi Tahun Ajaran 2021/2022

Handayani, Ninik (2022) Implementasi Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di SMP Negeri 1 Rogojampi Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ninik Handayani_T20181150.pdf

Download (49MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena yang ada dilapangan dalam Moderasi Beragama bahwasanya pembelajaran PAI yang berada di SMP tergolong mata pelajaran wajib di sekolah, namun hal ini tidak menjadi sebuah problem bagi siswa yang memiliki keyakinan berbeda, dan pihak sekolah memberikan kebebasan terhadap siswa yang beragama non muslim. Dan dilatar belakangi pada silabus dan recana pembelajaran PAI yang ada dikelas tersebut yang pada KD 2.1 dan 4.1 tentang rendah hati dan hidup sederhana. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi moderasi beragama pada tahap insersi dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Rogojampi. 2) Bagaimana implementasi moderasi beragama pada tahap optimalisasi dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Rogojampi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan 1) implementasi moderasi beragama pada tahap insersi dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Rogojampi. 2) implementasi moderasi beragama pada tahap optimalisasi dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Rogojampi. Untuk dapat mencapai tujuan-tujuan tersebut peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan jenis deskriptif. Untuk dapat dengan mudah dalam menentukan subyek penelitian, peneliti menggunakan teknik purposive. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis Miles, Huberman dan Saldana. dengan langkah berikut: kondensasi data, Penyajian data dan Menarik kesimpulan. Untuk dapat memeriksa keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian dalam skripsi ini menunjukkan: 1) implementasi moderasi beragama pada tahap insersi dalam pembelajaran Pertama memberikan materi yang berhubungan dengan moderasi beragama, dalam pembelajaran PAI guru juga memberi kebebasan dalam mengikuti proses pembelajaran. Kedua mempelajarai materi yang berkaitan dengan moderasi beragama seperti dalam QS Al-Isra‟ ayat 26-27 dan QS Al-Furqon ayat 63. Ketiga selalu mencontohkan dalam kerendahan hati dan hidup sederhama. 2) implementasi moderasi beragama pada tahap optimalisasi dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Rogojampi. Pertama mengoptimalkan pendekatan-pendekatan terhadap lingkungan sekitar, di dalam kelas maupun di luar kelas agar dapat menghargai sesama makhluk. Kedua mengoptimalkan pendekatan di dalam kelas dengan cara pembelajaran yang menggunakan metode diskusi atau perdebatan (Active Debate) untuk menumbuhkan cara berfikir kritis, sportif, menghargai pendapat orang lain dan berani menyampaikan pendapat secara rasional. moderasi beragama; pembelajaran pendidikan agama islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Me Ninik Handayani
Date Deposited: 10 Aug 2022 01:44
Last Modified: 10 Aug 2022 01:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10472

Actions (login required)

View Item View Item