Pelaksanaan pembelajaran daring dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan aplikasi moodle di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Singojuruh Banyuwangi

Safitri, Nur Afni Oktavia (2022) Pelaksanaan pembelajaran daring dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan aplikasi moodle di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Singojuruh Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NUR AFNI OKTAVIA SAFITRI_T20171028.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nur Afni Oktavia Safitri, 2022: Penerapan Pembelajaran Daring Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Singojuruh Banyuwangi Kata Kunci : Pembelajaran Daring; Pendidikan Agama Islam Pembelajaran daring merupakan suatu gagasan pendidikan yang masih melibatkan beberapa unsur teknologi dalam pembelajarannya. Pembelajaran ini juga menggunakan sistem jaringan internet dimana pendidik bisa dengan mudah memunculkan berbagai interaksi pembelajaran. Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Singojuruh Banyuwangi merupakan salah satu lembaga dibawah naungan PP. Ihya’ Ulumuddin yang menerapkan sistem boarding school berbasis pondok pesantren. Setelah dilakukan pengamatan,ditemukan bahwa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Singojuruh Banyuwangi dalam penerapannya melaksanakan pembelajaran daring mata pelajaran pendidikan agama Islam menggunakan aplikasi moodle, whatsapp dan zoom. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan pembelajaran daring mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN Singojuruh Banyuwangi? 2)Apa saja aplikasi pendukung pembelajaran daring mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN Singojuruh Banyuwangi? 3)Bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan aplikasi moodle di SMKN Singojuruh Banyuwangi? Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Untuk mendiskripsikan penerapan daring mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN Singojuruh Banyuwangi, 2)Untuk mendeskripsikan aplikasi pendukung program pembelajaran daring mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN Singojuruh Banyuwangi, 3)Untuk mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan aplikasi moodle di SMKN Singojuruh Banyuwangi Pendekatan penelitian dalam skripsi ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian kepala sekolah, waka kurikulum, waka sarpras, dua guru pendidikan agama Islam, dan siswa-siswi kelas XI TKR 1.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan pada penelitian yaitu menggunakan kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil temuan penelitian ini yaitu: 1) Penerapan pembelajaran daring dilakukan melalui sistem belajar mengajar secara online menggunakan jaringan internet dan salah satu aplikasi yang digunakan yaitu aplikasi moodle, Pendidikan Agama islam mengajarkan kepada siswa tentang nilai-nilai sosial, ibadah, moral, dan ketauhidan. 2) Pelaksanaan pembelajaran daring guru menerapkan sistem disiplin siswa agar siswa disiplin waktu dalam memahami materi pembelajaran berupa link video youtube sehingga siswa tidak akan merasakan kejenuhan. 3) Evaluasi pembelajaran daring menggunakan sistem mengerjakan soal-soal latihan berupa kuis soal yang dikirimkan oleh guru melalui aplikasi moodle.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. NUR AFNI OKTAVIA SAFITRI
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:11
Last Modified: 20 Jul 2022 04:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10476

Actions (login required)

View Item View Item