Pengembangan Bahan Ajar Handout IPA Berbasis Contextual Teaching and Learning Pada Pembelajaran IPA Materi Zat Aditif dan Adiktif Untuk Siswa Kelas VIII MTs.Ma'arif Ambulu

Bagus Lanang, Ananda (2022) Pengembangan Bahan Ajar Handout IPA Berbasis Contextual Teaching and Learning Pada Pembelajaran IPA Materi Zat Aditif dan Adiktif Untuk Siswa Kelas VIII MTs.Ma'arif Ambulu. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ananda Bagus Lanang_T201710060.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Ananda Bagus Lanang, 2022: Pengembangan Bahan Ajar Handout IPA Berbasis Contextual Teaching and Learning Pada Pembelajaran IPA Materi Zat Aditif dan Adiktif Kelas VIII SMP/MTs.
Kata Kunci: Handout IPA Berbasis Contextual Teaching and Learning, Zat Aditif dan Adiktif.
Berdasarkan permasalahan yang ditemukan di MTs. Ma’arif Ambulu Jember bahwa kurangnya buku ajar dalam pembelajaran menyebabkan, guru cukup kesulitan untuk menerangkan materi zat aditif dan adiktif, dimana didalam materi tersebut banyak menjelaskan konsep-konsep yang berkaitan dengan ilmu kimia. Selain itu, dalam proses pembelajarannya guru dan siswa hanya menggunakan LKS, dimana didalam buku LKS tersebut hanya berisi materi dan gambar yang dirasa kurang jelas untuk difahami siswa. Maka dari itu peneliti ingin mengembangkan handout IPA berbasis contextual teaching and learning, karena dianggap dapat membantu siswa dalam memahami materi secara lebih kompleks.
Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu: (1) bagaimana validitas bahan ajar handout IPA berbasis contextual teaching and learning pada materi zat aditif dan adiktif? (2) bagaimana respons siswa terhadap pengembangan bahan ajar handout IPA berbasis contextual teaching and learning pada materi zat aditif dan adiktif?. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan kevalidan handout IPA berbasis contextual teaching and learning pada materi zat aditif (2) Mendeskripsikan respons siswa handout IPA berbasis contextual teaching and learning pada materi zat aditif.
Jenis penelitian ini yang dilakukan adalah jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yan digunakan dalam penelitian ini merupakan model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh R.M Branch. Model ADDIE yang dikembangkan oleh R.M Branch merupakan singkatan dari Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Namun pada tahap Evaluation tidak dilakukan. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan waktu dan biaya dimiliki oleh peneliti.
Hasil penelitian dari validasi ahli materi memperoleh persentase sebesar 98% dengan kriteria sangat valid. Penilaian dari validasi ahli media memperoleh persentase 86% dengan kriteria sangat valid. Penilaian dari validasi pengguna oleh guru IPA memperoleh 95,71% dengan kriteria sangat valid. Uji coba skala kecil diperoleh persentase 90,15% dengan kriteria sangat menarik dan uji coba skala besar diperoleh persentase sebesar 91,27% dengan kriteria sangat menarik. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa handout IPA berbasis contextual teaching and learning pada materi zat aditif dan adiktif termasuk kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 03 CHEMICAL SCIENCES > 0304 Medicinal and Biomolecular Chemistry > 030401 Biologically Active Molecules
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ananda Ananda Bagus Lanang
Date Deposited: 17 Jul 2022 09:38
Last Modified: 17 Jul 2022 09:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10477

Actions (login required)

View Item View Item