KEPEMIMPINAN IDEAL MENURUT YŪSUF al-QARDĀWI DALAM KITAB FIQH AL-DAWLAH (Studi Ma’āni al-Hadīst)

Rahmah, Eva Fahmadia (2022) KEPEMIMPINAN IDEAL MENURUT YŪSUF al-QARDĀWI DALAM KITAB FIQH AL-DAWLAH (Studi Ma’āni al-Hadīst). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI EVA FAHMADIA U20182045.pdf

Download (1MB)

Abstract

Eva Fahmadia Wahidah Rahmah, 2022: Kepemimpinan Ideal Menurut Yūsuf al-Qardāwi Dalam Kitab Fiqh al-Dawlah (studi Ma’āni al-Hadīst)”.
Kepemimpinan adalah salah satu aspek yang dianggap sangat penting dalam Islam, hal ini dapat dilihat dari begitu banyaknya ayat dan hadits Nabi Muhammad SAW yang membahas tentang ini. Karena seketika dapat dimafhumi pemimpin merupakan salah satu faktor yang sangat besar pengaruhnya terhadap kehidupan suatu masyarakat. Pemikiran Yūsuf al-Qardāwi tentang kepemimpinan adalah salah satu yang akan penulis kembangkan dalam penelitian ini, sebagai momentum yang tepat untuk merefleksikan kembali bagaimana perspektif hadist tentang kepemimpinan yang ideal.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perspektif hadits tentang kepemimpinan ideal? 2) Bagaimana pemaknaan Yūsuf al-Qardāwi tentang hadits-hadits kepemimpinan ideal dalam kitab Fiqh al-Dawlah?
Tujuan penelitihan ini adalah:1) Mengetahui kepemimpinan ideal prespektif hadits. 2) Mengetahui pemaknaan Yūsuf al-Qardāwi tentang hadits-hadits kepemimpinan ideal dalam kitab Fiqh al-Dawlah.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitihan ini menggunakan metode kualitatif desktiptif dengan pendekatan studi ma’āni al-hadīst. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan menekankan terhadap analisa dan kajian teks, dalam menggunakan buku dan literature lainnya dalam mencari dan informasi data. Serta teori yang digunakan ialah teori kepemimpinan ideal yang digagas oleh Ibn Taymiyah.
Hasil penelitian ini sebagai berikut, 1) Kepemimpinan ideal prespektif hadits ialah pemimpin harus bertanggung jawab atas kepemimpinannya, bertanggung jawab (ghair mudlayya’), pemimpin harus berlaku adil, pemimpin harus menebarkan kasih sayang. 2) Pemaknaan Yūsuf al-Qardāwi tentang hadits-hadits kepemimpinan ideal dalam kitab Fiqh al-Dawlah, secara umum setidaknya ada tiga kriteria dalam memilih seorang pemimpin, diantaranya: amanah, adil, menebarkan kasih sayang.
Kata Kunci: Kepemimpinan Ideal, Perspektif Hadits, Fiqh al-Dawlah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Hadits
Depositing User: Mrs Eva Fahmadia Fahma
Date Deposited: 20 Jul 2022 08:19
Last Modified: 20 Jul 2022 08:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10482

Actions (login required)

View Item View Item