SEJARAH KALIGRAFI ARAB TURKI UTSMANI PADA MASA SULTAN MUHAMMAD AL-FATIH (1451-1481M)

Ishak, Ifan Maulana (2022) SEJARAH KALIGRAFI ARAB TURKI UTSMANI PADA MASA SULTAN MUHAMMAD AL-FATIH (1451-1481M). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI IFAN_U20184036.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ifan Maulana Ishak, 2022. Sejarah Seni Kaligrafi Arab Turki Utsmani Pada Masa Sultan Muhammad Al-Fatih (1451-1481)
Daulah Turki Utsmani sebagai kekhalifahan yang memiliki masa paling lama dan panjang dalam catatan sejarah Islam, dimulai dari tahun 1300-1924. Bangsa Turki menjadi cikal bakal akan berdirinya kekhalifahan, berasal dari kabilah Oghuz yang berdomisili di daerah Mongol tepatnya sebelah utara negeri China. Pada awalnya kesultanan Turki Utsmani yang menisbatkan namanya kepada nenek moyang mereka yakni Sultan Utsmani ibn Ertoghrol ibn Sulaiman. Hingga pada tahun 1451-1481 merupakan periode Sultan Muhammad Al-Fatih, menduduki tahta kekhalifahan Turki Utsmani pada tahun 1451 Masehi. Pada masa kekuasaannya, kemajuan dalam berbagai macam aspek, yakni, militer, politik, perekonomian bahkan hingga aspek seni dan budaya. Kaligrafi Arab juga mendapat dampaknya dari hal itu, sebagai suatu bentuk dari asimilasi budaya Arab yang sukses berkembang di kesultanan Turki Utsmani.
Fokus dalam penelitian ini ada tiga yaitu: (1) Bagaimana latar belakang kemunculan seni kaligrafi Arab pada masa Daulah Turki Ustmani? (2) Bagaimana eksistensi seni kaligrafi Arab daulah Turki Utsmani? (3) Bagaimana kontribusi Sultan Mehmed II dalam perkembangan seni kaligrafi Arab Turki Utsmani(1451-1481M)?
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sejarah latar belakang kemunculan seni kaligrafi Arab dalam Daulah Turki Utsmani, serta dapat menjelaskan eksistensi seni kaligrafi Arab Daulah Turki Utsmani dan dapat mengetahui kontribusi Sultan Mehmed II dalam perkembangan seni kaligrafi Arab Turki Utsmani (1451-1481M).
Penelitian ini menggunakan pendekatan historis deskriptif kualitatif melalui pendekatan sosial dan seni budaya. penelitian ini merupakan kajian pustaka dengan menggunakan metodologi penelitian sejarah yang terdiri dari heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi. Sumber data yang digunakan mencakup sumber data primer dan sekunder, seperti arsip, karya kaligrafi, mushaf Al-Qur`an, tulisan dan buku-buku terkait dengan Turki Utsmani. Kemudian melalui sumber tersebut dilakukan interpretasi atau penafsiran ulang.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa pertumbuhan kaligrafi Arab periode klasik sebelumnya melatarbelakangi perkembangan kaligrafi Arab Daulah Turki Utsmani pada masa Sultan Muhammad Al-Fatih (1451-1481). Dalam perkembangannya, eksistensi seni kaligrafi Arab Turki Utsmani ditandai dengan munculnya corak gaya Diwani sebagai khas kaligrafi Turki Utsmani juga munculnya kaligrafer kenamaan Syekh Hamdullah Al-Amasi (w. 1520) yang melahirkan banyak kaligrafer handal setelahnya. Serta kontribusi Al-Fatih dalam beberapa hal: perlindungan pada seniman dan sastrawan, Islamisasi arsitektural dan membangun sekolah atau akademi.
Kata Kunci: Seni Kaligrafi Arab, Turki Ustmani, Sultan Muhammad Al-Fatih

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 21 HISTORY AND ARCHAEOLOGY > 2101 Archaeology > 210108 Historical Archaeology (incl. Industrial Archaeology)
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Mr Ifan Maulana Ishak Ifan
Date Deposited: 18 Jul 2022 09:19
Last Modified: 18 Jul 2022 09:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10484

Actions (login required)

View Item View Item