Strategi Pemasaran Yayasan Dana Sosial Al-Falah (YDSF) Dalam Meningkatkan Muzakki di Kabupaten Jember.

Ahmad Rudiyanto, - (2020) Strategi Pemasaran Yayasan Dana Sosial Al-Falah (YDSF) Dalam Meningkatkan Muzakki di Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf.

[img] Text
Ahmad Rudiyanto_S20165009.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ahmad Rudiyanto, Dr. Khamdan Rifa’i., M.Si, 2020 : Strategi Pemasaran Yayasan Dana Sosial Al-Falah (YDSF) Dalam Meningkatkan Muzakki di Kabupaten Jember. Pemasaran merupakan suatu hal yang sangat penting dalam dunia bisnis. Konsep pemasaran merupakan kunci pencapaian tujuan organisasi yang ditekankan dengan orientasi manajemen terdiri dari kemampuan perusahaan menentukan dan memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar yang dituju (sasaran) dengan kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif dan efisien dari para pesaing. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Strategi Pemasaran YDSF Dalam Meningkatkan Muzakki di Kabupaten Jember. (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat Strategi Pemasaran YDSF Dalam Meningkatkan Muzakki di Kabupaten Jember. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui Strategi Pemasaran YDSF Dalam Meningkatkan Muzakki di Kabupaten Jember. (2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat Strategi Pemasaran YDSF Dalam Meningkatkan Muzakki di Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan Deskriptif. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik Purposive dan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Dalam menjalankan usahanya, YDSF Jember sudah menerapkan bauran pemasaran (marketing mix diantaranya, 1. Strategi Produk, digunakan dengan cara diversifikasi product, product packaging, dan service. 2. Strategi harga, disesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat umum untuk melakukan donasi dan tingkat kompetisi pasar. 2. Strategi Lokasi atau saluran pendistribusi; dilakukan dengan cara pelayanan penjemputan donasi secara langsung. 4. Strategi Promosi; dilakukan dengan memalui media ofline dan online. 5. Strategi people (SDM); dilakukan dengan penerimaan karyawan sesuai dengan kebutuhan lembaga dengan melalui 2 tahap seleksi yaitu wawancara dan basic training. 6. Strategi phisical evident; dilakukan dengan cara memiliki 2 strategi bukti fisik yaitu bukti fisik tetap dan bukti fisik tambahan. 7. Strategi Proses; dilakukan dengan cara meningkatkan kompleksitas proses pelayanan penjemputan donasi dan proses penyaluran donasi. (2). Faktor pendukung meliputi: skill yang memadai yang dimiliki sumber daya manusia YDSF, dan segala bentuk perlengkapan (tools) untuk keperluan penghimpunan maupun pendistribusiannya yaitu berupa gerai, majalah, brosur, buku program dengan adanya perlengkapan tersebut itu lebih memudahkan penghimpunan maupun pendistribusiannya. Sedangkan penghambatnya yaitu data donatur yang kurang lengkap, skill yang tidak memadai, kurangnya tim pendukung untuk melakukan penghimpunan, armada dan perlengkapan yang kurang memadai. Kata kunci: Strategi Pemasaran, Muzakki

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 15 Jul 2022 02:17
Last Modified: 15 Jul 2022 02:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10547

Actions (login required)

View Item View Item