Hubungan Self Compassion dengan Kesehatan Mental pada mahasiswi yang sedang mengerjakan tugas akhir skripsi

Kurniawati, Rahayu (2022) Hubungan Self Compassion dengan Kesehatan Mental pada mahasiswi yang sedang mengerjakan tugas akhir skripsi. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
Rahayu Kurniawati_D20183069.pdf

Download (8MB)

Abstract

Self compassion merupakan kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk dapat memberikan pengertian dan juga perhatian terhadap dirinya sendiri atas kesulitan yang sedang dihadapinya dengan cara tidak menghakimi dirinya dengan mengkritik dirinya secara berlebihan atas kelemahan atau ketidaksempurnaannya. Kesehatan mental seseorang secara positif ditunjukkan dengan keadaan yang sejahtera secara prikologis. Mahasiswi memiliki nilai regulasi emosi yang lebih sedikit dari pada laki-laki. Sehingga perempuan menjadi lebih cenderung berfikir menggunakan perasaan dan emosi. Dalam penyusunan skripsi mahasiswi sering sekali mengalami hambatan dan kesulitan di bagian mencari literatur, tidak stabilnya mood dan perasaan malas. Hal tersebut dikarenakan beberapa faktor didalamnya seperti: rasa kurang percaya diri, sulit menemukan literatur dan informan, serta kemampuan akademiknya kurang baik. Dalam kondisi tersebut mahasiswi yang sedang menyusun skripsi tersebut memerlukan self compassion agar kesehatan mentalnya tidak mengalami masalah disaat pengerjaan skripsi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara self compassion dengan kesehatan mental pada mahasiswi yang sedang mengerjakan tugas akhir skripsi. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 66 mahasiswi dengan 3 kriteria yaitu mahasiswi Universitas Islam Negeri Jember, mahasiswi program studi Bimbingan Konseling Islam dan mahasiswi yang sedang mengerjakan skripsi. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Data yang dianalisis kemudian di uji menggunakan korelasi parametrik pearson product moment.
Hasil penelitian menunjukkan korelasi yang signifikan antara self compassion dengan kesehatan mental pada mahasiswi yang sedang mengerjakan skripsi, 0,000, (p<0,05) dan nilai pearson correlation dalam penelitian ini menunjukkan angka 0,698. Arah korelasi menunjukkan positif, maka semakin tinggi self compassion yang dimiliki seseorang maka semakin baik juga kesehatan mental yang dimiliki. Hal itu juga terjadi pada semakin rendah self compassion yang dimiliki oleh mahasiswi maka semakin terganggu pada kesehatan mentalnya. Mahasiswi yang memiliki self compassion yang tinggi lebih baik dalam mengelola cara berfikir dan emosinya.
Kata kunci : Self compassion, kesehatan mental, mahasiswi, skripsi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1199 Other Medical and Health Sciences > 119999 Medical and Health Sciences not elsewhere classified
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Rahayu Kurniawati Kurniawati
Date Deposited: 19 Jul 2022 01:52
Last Modified: 19 Jul 2022 01:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10548

Actions (login required)

View Item View Item