Strategi Keunggulan Bersaing Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Di Tengah Pandemi Covid-19 di KSPP Syariah BMT NU Cabang Mayang.

Fira Safira, - (2021) Strategi Keunggulan Bersaing Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Di Tengah Pandemi Covid-19 di KSPP Syariah BMT NU Cabang Mayang. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Ekonomi Islam Program Studi Perbankan Syariah.

[img] Text
FIRA SAFIRA_E20171049.pdf

Download (11MB)

Abstract

Fira Safira, Hj. Nurul setianingrum SE.,MM : Strategi Keunggulan Bersaing Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Di Tengah Pandemi Covid-19 di KSPP Syariah BMT NU Cabang Mayang. Lembaga keuangan saat ini saling berlomba-lomba dalam mempertahankan eksistensinya di kalangan masyarakat khususnya di BMT NU Cabang Mayang. Dalam mempertahankan keunggulan dari BMT NU Cabang Mayang, BMT NU perlu melakukan strategi-strategi bersaing untuk meningkatkan jumlah nasabahnya. Oleh karena itu BMT harus lebih memperhatikan strategi-strategi keunggulan bersaing seperti apa yang akan digunakan dalam meningkatkan jumlah nasabahnya. BMT NU merupakan salah satu BMT yang terletak di JL. Nasional III, Dam Saola, Tegalrejo, Mayang. BMT Nu selain bergerak dibidang simpang pinjam, BMT NU juga harus menerapkan straegi keunggulan bersaingnya. Berdasarkan dari latar belakang tersebut, fokus penelitian dalam penelitian ini antara lain sebagai berikut: 1). Strategi keunggulan apa yang digunakan oleh BMT NU Cabang Mayang dalam menghadapi persaingan di tengah Pandemi covid19? 2). Upaya apa yang dilakukan oleh BMT NU Cabang Mayang dalam meningkatkan jumlah nasabah di tengah pandemi covid-19? Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui strategi keunggulan apa yang digunakan oleh BMT Nu Cabang Mayang dalam menghadapi persaingan ditengah pandemi covid-19 2). Untuk mengetahui upaya apa yang dilakukan oleh BMT NU Cabang Mayang dalam meningkatkan jumlah nasabah ditengah pandemi covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta pada keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber. Tahap-tahap penelitian yaitu tahap pra lapangan, tahap pelaksanaan, dan tahap penyelesaian. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Strategi keunggulan yang digunakan oleh BMT NU Cabang Mayang yaitu menggunakan strategi diferensiasi kualitas pelayan dan produk 2) Upaya yang dilakukan oleh BMT NU Cabang mayang dalam meningkatkankan jumlah nasabah ditengah pandemi covid-19 adalah dengan melakukan pendekatan secara langsung kepada masyarakat, seluruh karyawan menjadi marketing dan selalu meningkatkan pelayanan. Kata Kunci: Strategi, Keunggulan Bersaing, BMT NU Cabang Mayang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 15 Jul 2022 08:41
Last Modified: 15 Jul 2022 08:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10556

Actions (login required)

View Item View Item