PROGRAM TAJHIZUL MAYYIT LEMBAGA KEMASLAHATAN KELUARGA NAHDLATUL ULAMA KABUPATEN JEMBER

TAUFIK, FERDIANSYAH (2022) PROGRAM TAJHIZUL MAYYIT LEMBAGA KEMASLAHATAN KELUARGA NAHDLATUL ULAMA KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
TAUFIK FERDIANSYAH T20181211.pdf

Download (4MB)

Abstract

Taufik Ferdiansyah, 2022 : Program Tajhizul Mayyit Lembaga Kemaslahatan Nahdlatul Ulama Kabupaten Jember.
Kata Kunci : Program, Tajhizul Mayyit
Syariat Islam mengajarkan bahwa setiap manusia pasti akan mengalami kematian yang tidak pernah diketahui kapan waktunya. Sebagai makhluk sebaik-baik ciptaan Allah SWT dan ditempatkan pada derajat yang tinggi, maka Islam sangat menghormati orang muslim yang telah meninggal dunia. Oleh sebab itu, menjelang menghadapi kekariban Allah SWT orang yang telah meninggal dunia mendapatkan perhatian khusus dari muslim lainnya yang masih hidup. Dalam ketentuan hukum Islam jika seorang muslim meninggal dunia maka, hukumnya fardhu kifayah atas orang-orang muslim yang masih hidup untuk menyelenggarakan 4 perkara, yaitu memandikan, mengkafani, menshalatkan dan menguburkan orang yang telah meninggal tersebut.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah : Bagaimana Perencanaan Program Tajhizul Mayyit Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama Kabupaten Jember?. Bagaimana Pelaksanaan Program Tajhizul Mayyit Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama Kabupaten Jember Dalam Memahamkan Pengetahuan Masyarakat Tentang Perawatan Jenazah?. Bagaimana Evaluasi Lembaga Kemaslahatn Keluarga Nahdlatul Ulama Kabupaten Jember pada Program Tajhizul Mayyit?
Pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi non partisipasi, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis kualitatif model Miles, Huberman dan Saldana yaitu kondensasi data , penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk menguji keabsahan data yang diperoleh peneliti menggunakan triangulasi sumber.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan : Perencanaan program tajhizul mayyit yang dilakukan oleh Lembaga Kemaslahatan Nahdlatul Ulama sebelum pelaksanaan kegiatan ada beberapa hal yang harus di siapkan untuk menunjang berlangsungnya kegiatan program tajhizul mayyit ini yaitu melakukan rapat antar pengurus, menentukan tujuan, menentukan tempat, waktu serta target yang akan dicapai sehingga dalam melaksanakan kegiatan tersebut dapat berjalan sesuai rencana, dengan tujuan untuk mengedukasi dan memahamkan masyarakat tentang merawat jenazah sesuai syariat agama dan terhindar dari kesalahan dalam merawat jenazah. Pelaksanaan program tajhizul mayyit oleh Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama Kabupaten Jember dilakukan dengan pembukaan oleh pembawa acara, dilanjut dengan kegiatan inti yaitu penyampaian materi sosialisasi dan tanya jawab tentang perawatan jenazah, hingga praktik mulai dari memandikan hingga mengkafani. Evaluasi yang dilakukan oleh Lembaga Kemslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama untuk program Tajhizul Mayyit yaitu dengan membuat laporan pertanggung jawaban dari perincian kegiatan tersebut. Kemudian penilaian lain juga dilakukan untuk meluruskan auident yang membuat kesalahan ketika praktik dilakukan, maka pemateri langsung membenarkan sesuai dengan yang disyariatkan agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S. Pd Taufik Ferdiansyah Edy Lasiran Hakim
Date Deposited: 18 Jul 2022 09:33
Last Modified: 18 Jul 2022 09:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10568

Actions (login required)

View Item View Item