Peran Media Terhadap Strategi Fundraising Dalam Meningkatkan Dana Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZIS) di Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat Cabang Jember.

Agus Try Sytiyo Budhi, - (2020) Peran Media Terhadap Strategi Fundraising Dalam Meningkatkan Dana Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZIS) di Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat Cabang Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Ekonomi Syariah.

[img] Text
Agus Try Sytiyo Budhi_S20165036.pdf

Download (5MB)

Abstract

Agus Try Sytiyo Budhi, Daru Anondo, S.E.,M.S.I. 2020 : Peran Media Terhadap Strategi Fundraising Dalam Meningkatkan Dana Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZIS) di Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat Cabang Jember. Penghimpunan dana atau fundraising merupakan kegiatan penting dan utama dalam sebuah lembaga pengelolaan zakat, infak, dan sedekah. Fundraising berperan penting bagi lembaga atau organisasi sosial dalam upaya mendukung jalannya program dalam kegiatan roda operasional yang telah digariskan. Agar program-program di LAZ Nurul Hayat berjalan dengan baik maka strategi fundraising juga harus berjalan dengan baik. Salah satu strategi fundraising di LAZ Nurul Hayat Cabang Jember yaitu dengan cara memanfaatkan peran media. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Strategi Fundraising Dalam Meningkatkan Dana Zakat, Infak, Sedekah (ZIS) di Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat Cabang Jember ? (2) Bagaimana Peran Media Terhadap Strategi Fundraising Dalam Meningkatkan Dana Zakat, Infak, Sedekah (ZIS) di Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat Cabang Jember ? Penelitian ini bertujuaan untuk: (1) Untuk Mengidentifikasi Strategi Fundraising Dalam Meningkatkan Dana Zakat, Infak, Sedekah (ZIS) di Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat Cabang Jember. (2) Untuk Mengidentifikasi Peran Media Terhadap Strategi Fundraising Dalam Meningkatkan Dana Zakat, Infak, Sedekah (ZIS) di Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat Cabang Jember. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan Deskriptif. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik Purposive dan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi fundraising di LAZ Nurul Hayat cabang Jember yaitu dengan metode langsung (direct fundraising) dan tidak langsung (indirect fundraising). (2) LAZ Nurul Hayat memanfaatkan media massa sebagai objek promosi untuk membangun brand image lembaga dan memberikan informasi kepada umat mengenai kegiatan dan layanan beserta program-programn yang dimiliki LAZ Nurul Hayat sehingga juga akan berpengaruh terhadap tingkat penerimaan dana zakat, infaq, dan sedekah Kata Kunci : Peran Media, Strategi Fundraising

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 15 Jul 2022 08:41
Last Modified: 15 Jul 2022 08:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10572

Actions (login required)

View Item View Item