Dinamika pembinaan akhlak santri di yayasan pondok pesantren Miftahul ulum taman sari Wuluhan Jember

Nengtiyas, della Nabilla (2022) Dinamika pembinaan akhlak santri di yayasan pondok pesantren Miftahul ulum taman sari Wuluhan Jember. Undergraduate thesis, UIN kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI DELLA NABILLA NENGTIYAS T20181256 - Salin-1-4-2-2-3-6-7-8-1-1-1.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Della Nabilla Nengtiyas, 2022: Dinamika Pembinaan Akhlak Santri Di Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Ulum Taman Sari Wuluhan Jember.
Kata kunci: akhlak santri di pondok pesantren
Hafidz, S.Ag., M.Hum
Menurut Wildan Zulkarnain, Pengertian dinamika ialah suatu hal yang memberikan dorongan berupa tenaga kekuatan sehingga mampu berpindah tempat dalam arti bergerak serta berkembang. sedangkan pembinaan adalah upaya yang dilaksanakan secara sadar, berencana, terarah, teratur, dan bertanggung jawab dalam rangka memperkenalkan , menumbuhkan, membimbing, mengembangkan pengetahuan dan kecakapan yang sudah ada guna berhasil dalam rangka pembentukan ke arah yang lebih maju serta juga agar dapat menambahkan pengetahuan dan kecakapan baru untuk dicapai. Ibnu Al Jauzi akhlaq adalah etika yang dipilih sesorang. Akhlak merupakan etika yang menjadi pilihan dan diusahakan oleh seseorang. Akhlak sendiri menurut para ahli adalah suatu sistem nilai yang mengatur tindakan dan pola sikap manusia dimuka bumi.
Adapun fokus penelitian dalam penelitian ini 1) Bagaimana dinamika pembinaan akhlak santri di Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Ulum Taman Sari Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember? 2) Bagaimana metode pembinaan akhlak santri di Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Ulum Taman Sari Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember?.
Tujuan penelitian ini 1) untuk mengetahui Bagaimana dinamika pembinaan akhlak santri di Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Ulum Taman Sari Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. 2) untuk mengetahui Bagaimana metode pembinaan akhlak santri di Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Ulum Taman Sari Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Adapun jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa, wawancara, observasi, dokumentasi. Menggunakan analisis data langsung intrekatif Miles Dan Huberman. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan trigulasi teknik. Tahap penelitian pra lapangan, pekerjaa lapangan, dan tahap akhir penelitian.
Adapun hasil dari penelitian ini yaitu antara lain anatara lain 1) akhlak santri membiasakan berprilaku sopan dan tingkah laku seperti berhenti beraktifitas saat kyai dan anggota pengurus ketika lewat didepan santri , dilatih dan membiasakan menjaga lingkungan, bahwa dinamika di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Jember sudah cukup baik. Akhlak santri terbagi menjadi 4 yakni : tawadhu' kepada guru, sopan santun, disiplin, dan berperilaku terpuji. 2) metode yang digunanakan uswah (teladan), tawidayah (pembiasaan), mau’izhah (nasehat), pengawasa, hukuman. Guru menggunakan kitab taisurl kholaq untuk kelas III dan ta’lim mutalim untuk kelas IV.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Depositing User: Dela Nabila Nengtiyas
Date Deposited: 10 Aug 2022 01:45
Last Modified: 10 Aug 2022 01:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10574

Actions (login required)

View Item View Item