Layanan Bimbingan dan Konseling Guru BK Bagi Siswi Kelas XI Madrasah Aliyah Ar-Risalah Ajung Jember

Trianti, Nur Afifah (2022) Layanan Bimbingan dan Konseling Guru BK Bagi Siswi Kelas XI Madrasah Aliyah Ar-Risalah Ajung Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
TRIANTI NUR AFIFAH_D20183104.pdf

Download (3MB)

Abstract

Layanan bimbingan dan konseling merupakan pemberian bantuan dari konselor/tenaga ahli kepada konseli secara langsung baik individual ataupun kelompok dalam hal memahami dirinya, potensi yang dimilikinya. Urgensi dari diadakanya layanan bimbingan dan konseling di Madrasah Aliyah Ar-Risalah adalah peneliti tertarik untuk meneliti tentang bentuk layanan yang di gunakan guru bk dalam pengentasan masalah yang dialami oleh siswi kelas XI.
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Guru BK melakukan bimbingan dan konseling kepada siwi Madrasah Aliyah Ar-Risalah Ajung Jember yang menghadapi masalah? 2) Apa bentuk layanan bimbingan dan konseling yang diterapkan Guru BK bagi siswi Madrasah Aliyah Ar-Risalah Ajung Jember yang menghadapi masalah ?
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan dan Menjelaskan tentang Guru BK dalam melaksanakan bimbingan dan konseling kepada siswi yang menghadapi masalah. 2) Menjelaskan tentang bentuk layanan yang diterapkan Guru BK dalam menghadapi masalah.
Pada penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis peneltian Field research (penelitian lapangan) dengan tekhnik pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini: 1. Guru bimbingan dan konseling dalam melaksanakan bimbingan dan konseling adalah dengan menggunakan pendekatan komunikasi interpersonal.Keterbukaan (Opennes). b) Empati (empathy). c) Perilaku suportif (Suportiveness). d) Perilaku Positif (positiveness). e) Kesamaan/kesetaraan (Equality). 2. Guru bimbingan konseling dalam menangani masalah yang dialami oleh siswi adalah dengan menggunakan layanan konseling individu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170110 Psychological Methodology, Design and Analysis
Depositing User: Trianti Nur Afifah
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:27
Last Modified: 19 Jul 2022 03:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10581

Actions (login required)

View Item View Item