Peran Kementerian Agama Kabupaten Jember dalam Menanggulangi Paham Radikalisme

zain, A. Zakkin ibnu (2021) Peran Kementerian Agama Kabupaten Jember dalam Menanggulangi Paham Radikalisme. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
A. ZAKKIN IBNU ZAIN_084141455.pdf

Download (2MB)

Abstract

A. Zakkin Ibnu Zain, 2021 : Peran Kementeria Agama Kabupaten Jember Dalam Menanggulangi Paham Radikalisme.

Setiap lembaga memiliki berbagai peran yang berbeda dalam menjalankan visi dan misinya, karena setiap lembaga memiliki tujuan yang berbeda dengan lembaga lainnya. Dalam menjalankan peran, juga perlu mengikuti perkembangan zaman. Menjalankan peran dapat dilakukan dengan cara membuat perencanaan yang matang oleh seluruh anggota. Sehingga dapat mempermudah lembaga tersebut dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Namun, dalam mewujudkan semua rencana itu tidak semudah yang dibayangkan. Berbagai tantangan dan juga hambatan tentu muncul seiring berkembangnya zaman. Seperti halnya masalah yang sampai saat ini terus merajalela, seperti masuknya aliran radikalisme. Kabupaten Jember telah masuk ke dalam zona merah radikalisme, sehingga Kementerian Agama Kabupaten Jember sebagai lembaga keagamaan harus melakukan penanggulangan terhadap aliran radikalisme.
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah : 1. Bagaimana pemahaman kementerian agama kabupaten Jember tentang radikalisme? 2. Bagaimana pencegahan yang dilakukan oleh kementerian agama kabupaten Jember terkait paham radikalisme?
Tujuan penelitian ini adalah : 1. Mendeskripsikan mendiskripsikan pemahaman kementerian agama kabupaten Jember tentang radikalisme. 2. Mendeskripsikan pencegahan yang dilakukan oleh kementerian agama kabupaten Jember terkait paham radikalisme.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam skripsi ini melalui tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi/kesimpulan. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi waktu.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1. Pemahaman kementerian agama kabupaten Jember tentang radikalisme adalah pemikiran didasarkan pada keyakinan tentang nilai, ide dan pandangan yang dimiliki sebagai yang paling benar dan menganggap yang lain salah. Radikalisme adalah pemahaman sekelompok aliran atau gerakan yang mengatasnamakan agama dalam setiap tindakannya. Radikalisme adalah pemikiran seseorang tentang ajaran agama dengan senantiasa menghasut, membenci negara dan membenci pancalisa. 2. Pencegahan yang dilakukan oleh kementerian agama kabupaten Jember terkait paham radikalisme adalah melakukan kerjasama dengan berbagai pihak terkait seperti: Polres, kejaksaan, Majelis Ulama Indonesia (MUI), tokoh-tokoh keagamaan, jaringan 31 KUA, pengawas PAI, Penyuluh Agama 248 orang, Ormas baik Muhammadiyah maupun NU, KKG, MGMP, dll. Melakukan deteksi sejak dini melalui Penyuluh Agama Islam. Memberikan pemahaman tentang keagamaan kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200103 International and Development Communication
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2201 Applied Ethics > 220105 Legal Ethics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: A. Zakkin Ibnu Zain Muchlisun
Date Deposited: 18 Jul 2022 01:43
Last Modified: 18 Jul 2022 01:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10583

Actions (login required)

View Item View Item