Peran KH. Muhammad Lutfi Ahmad dalam Perkembangan Pondok Pesantren Madinatul Ulum di Cangkring Jenggawah Jember Tahun 1991-2020

Muhammad, Saiful Rizal (2022) Peran KH. Muhammad Lutfi Ahmad dalam Perkembangan Pondok Pesantren Madinatul Ulum di Cangkring Jenggawah Jember Tahun 1991-2020. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI 2017.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI 2017.pdf

Download (5MB)

Abstract

Muhammad Saiful Rizal, 2022: Peran KH. Muhammad Lutfi Ahmad Dalam Perkembangan Pondok Pesantren Madinatul Ulum Di Desa Cangkring Kec. Jenggawah Kab. Jember Tahun 1991-2020.
Penelitian ini dilatarbelakangi berkembangnya Pondok Pesantren Madinatul Ulum yang didirikan oleh KH. Ahmad Sa’id dan diteruskan oleh KH. Muhammad Lutfi Ahmad yang terletak di Desa Cangkring Jenggawah Jember. Pada dasarnya setiap pondok pesantren pasti memiliki perkembangan dari berbagai segi, sedangkan dalam konteks ini peristiwa tersebut terjadi pada Pondok Pesantren Madinatul Ulum yang didirikan oleh KH. Ahmad Sa’id dan dikembangkan oleh penerusnya yaitu KH. Muhamad Lutfi Ahmad. Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam pertama yang ada di Indonesia. Seiring perkembangan zaman pesantren mulai berkembang dan mengalami pengklasifikasian. Klasifikasi pesantren bisa dibagi menjadi 3 yang terdiri dari; pondok pesantren salaf (tradisional), campuran (terpadu), dan khalaf (modern).
Fokus penelitian dalam skripsi ini ialah; 1. Bagaimana Biografi KH. Muhammad Lutfi Ahmad?. 2. Bagaimana Peran KH.Muhammad Lutfi Ahmad dalam Perkembangan Pondok Pesantren Madinatul Ulum. Tujuan penelitian dalam skripsi ini ialah mendiskripsikan serta memahami KH. Muhammad Lutfi Ahmad dan Perkembangan Pondok Pesantren Madinatul Ulum pada tahun 1991-2022.
Jenis penilitian skripsi ini yaitu deskriptif kualitatif, dengan menekankan terhadap kekuatan analisis dan interpretasi. Teknik pengumpulan data melalui metode penelitian sejarah. Teori yang penulis gunakan yaitu teori teori continuity (berlanjut) and change (perubahan), teori peran dan teori kepemimpinan karismatik yang digunakan untuk menjelaskan KH. Muhammad Lutfi Ahmad dan Perkembangan Pondok Pesantren Madinatul Ulum pada tahun 1991-2020.
Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Pondok Pesantren Madinatul Ulum menerapkan sistem yang memadukan antara ilmu agama dan ilmu umum, serta adanya program-program yang lain, seperti program pendidikan, program sosial, program perekonomian. Hal ini diambil sebagai perwujudan untuk mencetak generasi yang berkualitas secara fisik, mental dan spiritual serta berwawasan IPTEK. Hal itu nantinya akan menjadi bekal santri lulusan Pondok Pesantren Madinatul Ulum dalam menghadapi tantangan era globalisasi.
Kata Kunci: Sejarah, Pekembangan Pondok Pesantren

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160805 Social Change
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: MUHAMMAD SAIFUL RIZAL
Date Deposited: 18 Jul 2022 09:12
Last Modified: 18 Jul 2022 09:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10584

Actions (login required)

View Item View Item