ZAINULLAH, 084 128 012 (2016) PENERAPAN KITAB FATH AL-QORIB SEBAGAI STANDARISASI PEMBELAJARAN ILMU FIQH MADRASAH DINIYAH DARUL ARIFIN ULA KELAS IV TAHUN AJARAN 2015/2016. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.
|
Text
caver.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
daftar isi.pdf Download (370kB) | Preview |
|
|
Text
bab I.pdf Download (593kB) | Preview |
|
|
Text
bab II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
bab III.pdf Download (577kB) | Preview |
|
|
Text
bab IV.pdf Download (625kB) | Preview |
|
|
Text
bab V.pdf Download (448kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (525kB) | Preview |
Abstract
Zainullah, 2016: Penerapan Kitab Fath Al-Qorib Sebagai Standarisasi Pembelajaran
Ilmu Fiqh Madrasah Diniyah Darul Arifin Ula Kelas Iv Tahun Ajaran
2015/2016.
Madrasah Diniyah Darul Arifin terletak di desa Curah Kalong Kecamatan
Bangsalsari Kabupaten Jember. Madrasah diniyah darul arifin adalah lembaga
dibawah naungan pondok pesantren darul arifin, seperti pada ummnya, madrasah
diniyah darul arifin mengajarkan tntang berbagai ilmu agama, seperti ilmu nahwu,
shorrof, tauhid, akhlak dan ilmu fiqh. Pada tahun 2012 madin darul arifin
termasuk salah satu madrasah diniyah yang mempelopori berdirinya forum
musyawaroh anjangsini-anjangsana (fmaa) se-kabupaten Jember, yang membahas
tentang berbagai permasalahan-permasalahan fiqh yang sering terjadi
dimayarakat.
Penelitian ini membahas tentang penerapan kitab fath al-Qorib pada aspek
ubudiyah sebagai standarisasi pembelajaran ilmu fiqh Madrasah Diniyah Darul
Arifin Ula kelas IV tahun ajaran 2015/2016. dan penerapan kitab fath al-Qorib
pada aspek muamalah sebagai standarisasi pembelajaran ilmu fiqh Madrasah
Diniyah Darul Arifin Ula kelas IV tahun ajaran 2015/2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penerapan kitab fath
al-Qorib pada aspek ubudiyah sebagai standarisasi pembelajaran ilmu fiqh
Madrasah Diniyah Darul Arifin Ula kelas IV tahun ajaran 2015/2016. dan
penerapan kitab fath al-Qorib pada aspek muamalah sebagai standarisasi
pembelajaran ilmu fiqh Madrasah Diniyah Darul Arifin Ula kelas IV tahun ajaran
2015/2016.
Untuk menjawab persoalan tersebut, penelitian menggunakan metode
kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian di madrasah diniyah
Daru Arifin desa Curah Kalong Bangsalsari Jember. Subyek penelitian terdiri dari
kepala madrasah diniyah darul arifin, jajaran ustadz madrasah diniyah darul arifin,
dan elemen santri kelas IV madrasah diniyah darul arifin. Analisis data
menggunakan analisis data deskriptif kualitatif, tekhnik pengumpulan data
menggunakan tekhnik observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan
keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa Pertama, Penerapan kitab fath al-Qorib
pada aspek ubudiyah kepada santri kelas IV menggunakan dua metode, yaitu:
metode ujian, baik lisan maupun tulis dan metode musyawaroh (bahtsul masail).
Dengan dua metode ini mereka (santri) harus dapat menjawab dan menjelaskan isi
kandungan yang ada dalam fath al-Qorib khususnya bab ubudiyah. Kedua,
Penerapan kitab fath al-Qorib pada aspek muamalah kepada santri kelas IV hanya
menggunakan metode Tanya jawab, mereka (santri) hanya dituntut untuk bisa
menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar muamalah, dan tidak dituntut untuk bisa
menjelaskannya, hal ini karena materi muamalah merupakan materi baru bagi
mereka para santri
Item Type: | Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined]) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KITAB FATH AL-QORIB |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Masrur Rizqon |
Date Deposited: | 28 Sep 2017 02:06 |
Last Modified: | 28 Sep 2017 02:06 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/106 |
Actions (login required)
View Item |