Profil nasabah pengguna layanan jasa pembiayaan Modal Usaha Barokah(MUB) di BMT-UGT Nusantara Capem Jember Kota

Sholihah, Himmatus (2022) Profil nasabah pengguna layanan jasa pembiayaan Modal Usaha Barokah(MUB) di BMT-UGT Nusantara Capem Jember Kota. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Himmatus sholihah_E20151233.pdf

Download (1MB)

Abstract

Himmatus Sholihah, Nurul Setianingrum, S.E., M.M. : Profil Nasabah Pengguna Layanan Jasa Pembiayaan Modal Usaha Barokah (MUB) di BMT-UGTNusantara Capem Jember Kota

UGT MUB (Modal Usaha Barokah) adalah fasilitas pembiayaan modal kerja bagi anggota yang mempunyai usaha mikro dan kecil. Akad yang digunakan akad yang berbasis bagi hasil (Mudharabah/musyarakah) atau jual beli (Murabahah).Pemberian pembiayaan pada nasabah menjadi salah satu faktor tebesar dalam mencari aset bagi bank syariah. sehingga pembiayaan tersebut harus dijaga kualitasnya, sebagaimana tercantum dalam Undang-undang Pebankan Syariah Pasal 2 bahwa, perbankan syariah melakukan semua kegiatannya dalam menggunakan prinsip syariah, demokarsi ekonomi dan menggunakan prinsip kehati-hatian. Dalam pemberian pembiayaan kepada nasabah atau calon nasabah di BMT nasabah harus melengkapi persyaratan yang telah ditetapkan oleh pihak BMT. Selain kelengkapan data pendukung permohonan pembiayaan, karyawan BMT juga melakukan penilaian penerima kelengkapan dan kebenaran informasi dari calon nasabah dengan cara karyawan BMT melakukan survei ketempat usaha nasabah.
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana Profil Nasabah Dalam Persyaratan Pengguna Layanan Jasa Pembiayaan Modal Usaha Barokah (MUB) di BMT-UGTNusantara Capem Jember Kota? 2. Apakah Produk Pembiayaan Modal Usaha Barokah memenuhi target pencapaian di BMT-UGTNusantara Capem Jembe Kota?
Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui persyaratan dalam penggunaan produk pembiayaan Modal Usaha Barokah (MUB) di BMT-UGTNusantara dilihat dari profil nasabah secara umum. 2. Untuk mengetahui target Modal Usaha Barokah (MUB) dalam pencapaiannya.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam skripsi ini melalui yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1. Profil nasabah dalam mengambil pembiayaan modal usaha barokah yang terpenting sudah memenuhi peryaratan yang telah ditetapkan oleh pihak BMT seperti usia sudah mempenyai KTP dari umur minimal 17th dan maksimal 60th, Pekerjaan yang di utamakan yang memiliki usaha dan ingin memulai usaha, dan untuk pendidikan, latar belakang ekonomi dan pendapatan nasabah harus memenuhi peryaratan yang telah di tetapkan oleh BMT dan dilakukan survei agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kredit macet. 2. Target pencapaian pembiayaan modal usaha barokah di BMT dalam pencapaian pembiayaan mengalami peningkatan dilihat dari bertambahnya nasabah yang menggunakan produk pembiayaan modal usaha barokah (MUB). Dalam target pemasaran produk modal usaha barokah ini diperuntukkan bagi nasabah yang memiliki usaha atau ingin memulai usaha karena tujuan dari modal usaha barokah ini adalah memberikan modal kepada nasabah yang ingin menambah modal usahanya atau ingin memulai usahanya.

Kata kunci: Profil Nasabah, Modal Usaha Barokah (MUB).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Himmatus Sholihah
Date Deposited: 18 Jul 2022 08:26
Last Modified: 18 Jul 2022 08:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10604

Actions (login required)

View Item View Item