Implementasi Program Terapan Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Prodistik) dalam Menegembangkan Kompetensi TIK Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember

Indriyani, Riza (2022) Implementasi Program Terapan Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Prodistik) dalam Menegembangkan Kompetensi TIK Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Riza Indriyani Digilib Fiks.pdf

Download (3MB)

Abstract

Riza Indriyani, 2022: Implementasi Program Terapan Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Prodistik) Dalam Mengembangkan Kompetensi TIK Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember. Kata Kunci: implementasi, prodistik, kompetensi TIK Semakin pesatnya perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) menuntut setiap sekolah ataupun madrasah untuk lebih inovatif dan kreatif dalam mengimbangi perkemabngan tersebut agar tidak tertinggal. Prodistik hadir dengan model pengembangan pendidikan terapan yang lebih spesifik dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan Program Terapan Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Prodistik) dalam mengembangkan kompetensi TIK Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan Program Terapan Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Prodistik) dalam mengembangkan kompetensi TIK Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember? Tujuan penelitian ini adalah:1) Mendeskripsikan pelaksanaanProgram Terapan Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Prodistik) dalam mengembangkan kompetensi TIK Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember.2) Mendeskripsikan apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan Program Terapan Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Prodistik) dalam mengembangkan kompetensi TIK Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penentuan subjek menggunakan data primer dan sekunder. Menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi non-partisispan, wawancara semi-terstruktur dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Tahap-tahap penelitian menggunakan tahap pra-penelitian, pelaksaan penelitian dan analisis data. Penelitian ini memperoleh simpulan: 1) Pelaksanaan Prodistik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember bertujuan untuk meningkatkan daya saing madrasah khususnya dalam bidang TIK dan sasarannya adalah peserta didik. Materi ditentukan sesuai dengan bidang minatnya dengan alokasi waktu 30 menit tiap 1 SKS. Pengajar Prodistik berasal dari guru Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember yang berkompeten di bidang TIK. Prodistik Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember pernah menjuarai lomba robot. 2) Faktor pendukung pelaksanaan Prodistik ini yaitu: a)Tersedianya 4 laboratorium TIK dengan 107 unit komputer, b) Pengajar yang berkompeten di bidang TIK, c) Dukungan Kepala Madrasah dalam pengadaan sarpras, d) Dukungan sosial dan finansial orang tua peserta didik e) Semangat peserta didik yang tinggi. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: a) Semangat peserta didik yang kadang menurun, b) Kendala sinyal dan c) Keterbatasan waktu pada aplikasi zoom yang digunakan saat pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1005 Communications Technologies > 100503 Computer Communications Networks
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Riza Indriyani
Date Deposited: 19 Jul 2022 04:30
Last Modified: 19 Jul 2022 04:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10605

Actions (login required)

View Item View Item