ANALISIS PERILAKU PROSOSIAL MELALUI PENDEKATAN TEORI KOGNITIF SOSIAL PADA ANAK-ANAK YATIM PIATU DI LKSA MAMBAUL ULUM JEMBER

Rizqita, Febiani Bella (2022) ANALISIS PERILAKU PROSOSIAL MELALUI PENDEKATAN TEORI KOGNITIF SOSIAL PADA ANAK-ANAK YATIM PIATU DI LKSA MAMBAUL ULUM JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FEBIANI BELLA RIZQITA_D20185003.pdf

Download (1MB)

Abstract

Febiani Bella Rizqita, 2018 : Analisis Perilaku Prososial Pada Anak anak Yatim Piatu Di LKSA Mambaul Ulum Jember.

Manusia dilahirkan sebagai mahluk individu dan sosial. Mereka tidak terlepas dari kehidupan sosial karena pada dasarnya mereka membutuhkan satu sama lain. Namun, ada yang beranggapan bahwa mereka mampu untuk hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Padahal sudah jelas di Al-qur’an pun menjelaskan bahwasanya mereka harus tolong menolong dalam jalan kebenaran. Oleh karena itu, pentingnya perilaku prososial penting ditanamkan di dalam diri anak-anak sejak dini agar nantinya mereka mampu untuk bersosialisasi dengan baik di lingkungannya.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana perilaku prososial pada anak-anak yatim piatu melalui teori kognitif sosial di LKSA Mambaul Ulum Jember? 2) Bagaimana proses terbentuknya perilaku prososial melalui teori kognitif sosial pada anak anak yatim piatu di LKSA Mambaul Ulum Jember?.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunalan yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Sedangkan, jenis penelitian yang digunakan yaitu studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dan triangulasi sumber.
Dalam penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Perilaku prososial pada anak-anak yatim piatu di LKSA mambaul ulum termasuk dalam kategori baik, jika dilihat dari pendekatan teori kognitif sosial subjek mampu dalam meniru serta memilah perilaku yang positif dari perilaku orang dewasa yang nantinya mampu menampilkan perilaku yang baik serta sesuai dengan norma sosial yang ada. 2) Proses terbentuknya perilaku prososial pada anak-anak yatim piatu di LKSA Mambaul Ulum Jember, berawal dari pengamatan serta peniruan mereka terhadap tingkah laku dari pengasuh serta orang-orang dewasa itu, lalu setelah itu mereka menyaring informasi yang mereka dapat , dan proses memilih perilaku yang baik dan tidak baik pada tiap subjek berbeda sesuai dengan pemikiran mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ms Febiani Bella Rizqita
Date Deposited: 18 Jul 2022 06:33
Last Modified: 18 Jul 2022 06:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10616

Actions (login required)

View Item View Item