Pengaruh Label Halal, Religiusitas, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Makanan dan Minuman Kemasan Pada Santri di Kabupaten Banyuwangi

Syaifulloh, M. Fikri (2022) Pengaruh Label Halal, Religiusitas, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Makanan dan Minuman Kemasan Pada Santri di Kabupaten Banyuwangi. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGRI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SYAIFULLAH LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only until 20 July 2022.

Download (9MB)

Abstract

Kabupaten Banyuwangi terdapat banyak pondok pesantren, puluhan ribu santri menimba ilmu agama dan umum, dalam pembagiannya pesantren ada tinga pembagian yaitu, pesantren besar, sedang, dan kecil. Tanpa memandang pembagian tersebut kiprah pesantren dalam berbagai hal juga dirasakan oleh masyarakat sekitar. Pesantren Nabatussalam, Mambaul Huda, Darul Amin, tiga pesantren ini jumlah santrinya 1.687 santri. Dari hasil wawancara peneliti pada santri masig-masing pesantren dapat disimpulkan bahwa keputusan pembelian terhadap produk makanan dan minuman kemasan sangat tinggi. Mereka lebih memilih produk yang tidak mereka kenal jelas label halal yang sah dari KEMENAG.
Permasalahan yang diteliti diantaranya pengaruh label halal terhadap keputusan pembelian, pengaruh religiusitas terhadap keputusan pembelian, pengaruh harga terhadap terhadap keputusan pembelian, pengaruh kualitas terhadap keputusan pembelian makanan dan minuman kemasan pada santri di kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh label halal terhadap keputusan pembelian, pengaruh religiusitas terhadap keputusan pembelian, pengaruh harga terhadap terhadap keputusan pembelian, pengaruh kualitas terhadap keputusan pembelian makanan dan minuman kemasan pada santri di kabupaten Banyuwangi
Penelitian ini menggunkan metode kuantitatif. Penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan penjelasan mengenai hubungan antara beberapa variabel melalui regresi linier berganda. Pengambilan sampel menggunakan porpotionate stratified random sampling adalah suatu teknik pengambilan sampel dengan memperhatikan suatu tingkatan (strata) pada elemen populasi. Elemen populasi dikelompokkan pada tingkatan-tingkatan tertentu dengan tujuan pengambilan sampel akan merata pada seluruh tingkatan dan sampel mewakili karakter seluruh elemen populasi yang heterogen. Sampel yang diambil pada penelitian ini terdapat 323 responden. Pengujian hipotesis dengan bantuan software (SPSS) versi 25.
Hasil analisis menunjukan secara parsial label halal berpengaruh signifikan dengan coeffciens 0,005 Religiusitas 0,094, harga 0,478 dan kualitas produk 0,468 signifikan terhadap keputusan pembelian, secara simultan 0,000<0,05 semua variabel berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian makanan dan minuman kemasan pada santri di kabuaten Banyuwangi.
Kata kunci: Label halal, Religiusitas, Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: M. fikri syaifulloh
Date Deposited: 19 Jul 2022 02:17
Last Modified: 19 Jul 2022 02:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10635

Actions (login required)

View Item View Item