Penerapan Strategi Index Card Match Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Materi Asmaul Husna Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Nurul Ulum Ajung Jember Tahun Ajaran 2021/2022

Jannah, Elok Wardatul (2022) Penerapan Strategi Index Card Match Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Materi Asmaul Husna Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Nurul Ulum Ajung Jember Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
perpusskripsi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Elok Wardatul Jannah, 2022 “Penerapan Strategi Index Card Match Dalam
Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Materi Asmaul
Husna Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Nurul Ulum Ajung Jember Tahun
Ajaran 2021/2022”.
Sekolah Menengah Pertama Nurul Ulum Ajung Jember merupakan salah
satu SMP yang ada di wilayah Ajung Jember, di Sekolah Menengah Pertama
Nurul Ulum Ajung Jember tersebut guru mata pelajaran PAI dalam materi Amaul
Husna telah menggunkan strategi Index Card Match yang mana dalam kegiatan
pembelajaranya peserta didik dituntut untuk berperan aktif, bisa bekerja sama
dengan teman atau kelompok yang sudah ditentukan, strategi Index Card Match
juga bisa membuat peserta didik lebih tanggungjawab atas tugas-tugasnya dan
lebih menariknya lagi siswa lebih bisa memahami dan menguasi materi-materi
yang disampaikan.
Fokus yang dikaji dalam penelitian ini sebagai berikut, 1) Bagaimana
Persiapan Penerapan Strategi Index Card Match dalam Peningkatan Prestasi
Belajar PAI pada Materi Asmaul Husna Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama
Nurul Ulum Ajung Jember Tahun Ajaran 2021/2022? 2) Bagaimana Pelaksanaan
Penerapan Strategi Index Card Match dalam Peningkatan Prestasi Belajar PAI
pada Materi Asmaul Husna Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Nurul Ulum
Ajung Jember Tahun Ajaran 2021/2022? 3) Bagaimana Evaluasi Penerapan
Strategi Index Card Match dalam Peningkatan Prestasi Belajar PAI pada Materi
Asmaul Husna Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Nurul Ulum Ajung
Jember Tahun Ajaran 2021/2022?
Metode dalam penelitian ini menggunakan Pendekatan kualitatif.
Sedangkan jenis penelitian yang digunakan didalam penelitian ini adalah studi
kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan model Matthew B. Miles, A. Michael
Huberman dan Johnny Saldana dan analisis model ini dilakukan secara interaktif,
yaitu berupa Kondensasi Data (Condensation), Display Data, dan Gambaran atau
Kesimpulan/verifikasi (conclusion drawing /verification). Untuk menguji
keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil Penelitian ini yaitu 1) Seorang guru menyiapkan RPP terlebih
dahulu, menyiapkan bahan ajar terkait dengan materi asmaul husna, kemudian
menyiapkan media yang diperlukan dalam penerapan Strategi Index Card Match
yang meliputi soal-soal beserta jawaban-jawabannya 2) Guru menggunakan tiga
tahapan meliputi pembuka, pelaksanaan dan penutup. Untuk tahap pembuka yaitu
terdiri dari salam, do'a absensi dan menjelaskan tujuan pembelajaran; 3) Guru
menggunakan evaluasi yang mencakup 3 ranah yaitu kognitif atau pengetahuan,
afektif atau sikap dan psikomotorik atau keterampilan.
Kata kunci: Pembelajaran PAI, Strategi Index Card Match, Prestasi Belajar PAI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Depositing User: Miss Elok Wardatul Jannah Ahriya
Date Deposited: 15 Jul 2022 08:32
Last Modified: 15 Jul 2022 08:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10637

Actions (login required)

View Item View Item