Pengembangan Media Papan Kantong Pintar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V di MI Al Huda Gumukmas Jember Tahun Pelajaran 2021/2022

Putri, Handayani (2022) Pengembangan Media Papan Kantong Pintar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V di MI Al Huda Gumukmas Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
skripsi putri handayani WATERMAK.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dengan adanya kreatifitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran akan berdampak positif bagi peserta didik. namun kenyataannya banyak sekali guru yang kurang mampu atau bahkan tidak menggunakan media dalam pembelajaran. Padahal apabila pendidik mampu mengolah pembelajaran dengan pengembangan media yang baik, maka mata pelajaran matematika tidak akan dianggap mata pelajar sulit oleh peserta didik. DI MI Al-Huda Gumukmas Jember sangat minim pengembangan media pembelajaran, sehingga hasil belajar matematika peserta didik kurang maksimal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan, kelayakan, dan keefektifan media Pakapin pada mata pelajaran matematika dalam meningkakan hasil belajas siswa kelas V di MI Al-Huda Gumukmas Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini adalah penelitian Reseacrh and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa tingkat kelayakan atau validitas media papan kantong pintar menujukkan rata-rata prosentase sebesar 93% yang artinya media papan kantong pintar dikategorikan sangat valid. Data keefektifan diperoleh dari hasil belajar peserta didik menggunakan pretest, posttest dan angket respon peserta didik. Hasil rata-rata respon peserta didik yang ditunjukkan dalam tabel tersebut, menunjukkan bahwa media pakapin mendapatkan respon yang sangat baik dari peserta didik dengan prosentase rata rata 88,1%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Putri Handayani Putri Handayani
Date Deposited: 19 Jul 2022 08:25
Last Modified: 19 Jul 2022 08:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10651

Actions (login required)

View Item View Item