MANAJEMEN PENYIARAN RADIO DAKWAH ASSUNNIYYAH DALAM MENGEMBAN MISI DAKWAH DI PONDOK PESANTREN ASSUNNIYYAH KENCONG JEMBER

Amalia, Firda Yuliani (2022) MANAJEMEN PENYIARAN RADIO DAKWAH ASSUNNIYYAH DALAM MENGEMBAN MISI DAKWAH DI PONDOK PESANTREN ASSUNNIYYAH KENCONG JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Firda Yuliani Amalia_D20181077.pdf

Download (3MB)

Abstract

Firda Yuliani Amalia, 2018: “Manajemen Penyiaran Radio Dakwah Assunniyyah dalam Mengemban Misi Dakwah di Pondok Pesantren Assunniyyah Kencong Jember”.

Mengelola siaran radio tentunya membutuhkan manajemen yang sangat baik. Dalam siaran Radio Dakwah Assunniyyah selalu menyirakan program-program dakwah islam. Beberapa kali juga menyiarkan kajian yang berada di pesantren lain. Namun ketika menyiarkan dakwah sering terjadi putusnya siaran radio. Meskipun demikian Radio Dakwah Assunniyyah tetap menyirakan dakwah islam. Seperti Program Dialog Interactive, BMW menjawab, Ceramah Pendek.
Fokus penelitian ini adalah: 1. Bagaimana manajemen penyiaran Radio Dakwah Assunniyyah dalam mengemban misi dakwah di Pondok Pesantren Assunniyyah Kencong Jember? 2. Apa hambatan dan tantangan dalam mengelola siaran Radio Dakwah Assunniyyah dalam mengemban misi dakwah di Pondok Pesantren Assunniyyah Kencong Jember? 3. Strategi apa yang diterapkan untuk mengelola siaran radio Dakwah Assunniyyah dalam mengemban visi misi dakwah di Pondok Pesantren Assunniyyah Kencong Jember?. Tujuan penelitian adalah: 1. Untuk mengetahui manajemen penyiaran Radio Dakwah Assunniyyah dalam mengemban misi dakwah di Pondok Pesantren Assunniyyah Kencong Jember. 2. Untuk mengetahui hambatan dan tantangan dalam mengelola siaran Radio Dakwah Assunniyyah dalam mengemban misi dakwah di Pondok Pesantren Assunniyyah Kencong Jember. 3. Untuk mengetahui strategi yang diterapkan untuk mengelola siaran radio Dakwah Assunniyyah dalam mengemban visi misi dakwah di Pondok Pesantren Assunniyyah Kencong Jember
Penelitian ini dilakukan dengan menggunkan pendekatan kualitatif, yaitu jenis kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini di Radio Dakwah Assunniyyah Kencong Jember. Penentuan informan menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data: oobservasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data, menggunakan Milles, Huberman, dan Saldana meliputi: Data Collection, data condensation, data display, dan data verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa 1. Manajemen penyiaran Radio Dakwah Assunniyyah dalam mengemban misi dakwah, telah melaksanakan fungsi-fungsi manajemen mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan memberikan pengaruh, dan evaluasi. 2. Hambatan Dan Tantangan Dalam Mengelola Siaran Radio Dakwah Assunniyyah dalam mengemban Misi Dakwah ialah kurangnya sumber daya manusia (SDM) dan peralatan yang cukup sederhana, padamnya listrik, dan cuaca buruk. 3. Strategi yang digunakan Radio Dakwah Assunniyyah merupakan strategi untuk tetap menyiarkan dakwah ialah melakukan perencanaan program, produksi dan pembelian program, eksekusi program, dan evaluasi program.

Kata kunci: Manajemen Penyiaran, Dakwah, Hambatan dan Tantangan, Strategi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Firda Yuliani Amalia
Date Deposited: 21 Jul 2022 01:13
Last Modified: 21 Jul 2022 01:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10659

Actions (login required)

View Item View Item