Analisis Konvergensi Media Radio Programa 2 Di LPP RRI Jember

Margareta, Kisya (2022) Analisis Konvergensi Media Radio Programa 2 Di LPP RRI Jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
kisya margareta- D20181037.pdf

Download (3MB)
[img] Text
kisya margareta- D20181037.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Kisya Margareta, 2018: Analisis Konvergensi Media Radio Programa 2 Di LPP RRI Jember
Kata Kunci: teori konvergensi, radio, kualitatif

Pesatnya perkembangan radio yang ada di Jember menyebabkan kecemasan, sebab tingkat persaingan di industri penyiaran juga semakin meningkat. jika LPP RRI Programa 2 tidak berkonvergensi, ancaman yang didapat oleh RRI terutama Programa 2 adalah pencapaian iklan yang di dapatkan dari pihak marketing mengalami penurunan.

Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Apa saja bentuk-bentuk konvergensi media Programa 2 di LPP RRI Jember? 2) Bagaimana proses konvergensi media Programa 2 di LPP RRI Jember?

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menjelaskan bentuk-bentuk konvergensi media pada Programa 2 RRI Jember. 2) Untuk menjelaskan proses konvergensi media Programa 2 RRI Jember.

Untuk mengetahui permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian bersifat kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.

Penelitian ini memperoleh kesimpulan yakni: Konvergensi media merupakan satu titik pertemuan yang sifatnya mengarah. Konvergensi media menaruh kesempatan pada masyarakat agar dapat berinteraksi dengan media massa dan bahkan mengisi konten media massa. Menurut teori konvergensi yang dipaparkan oleh Jenkins, bahwa ada beberapa proses yang mengubah media diproduksi dan dikonsumsi. Bentuk-bentuk konvergensi media yang dilakukan oleh Programa 2 yakni berupa Konvergensi Ekonomi, Konvergensi Sosial, Konvergensi Teknologi dan Konvergensi Budaya. Adanya bentuk-bentuk tersebut, juga karena masyarakat atau penonton yang membutuhkan konvergensi media. Programa 2 melakukan konvergensi, sebab melihat dari data riset khalayak yang dapat menggambarkan perubahan RRI sebelum dan sesudah berkonvergensi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Kisya Margareta
Date Deposited: 20 Jul 2022 02:06
Last Modified: 20 Jul 2022 02:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10672

Actions (login required)

View Item View Item