Implementasi Media Pembelajaran Realia pada Mata Pelajaran Biologi Siswa Kelas X Ipa-2 MA Nurul Islam Sumenep

Khairurraziqin, Zubil (2022) Implementasi Media Pembelajaran Realia pada Mata Pelajaran Biologi Siswa Kelas X Ipa-2 MA Nurul Islam Sumenep. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq.

[img] Text
SKRIPSI FULL ZUBIL WATERMARK.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penggunaan media realia dalam kegiatan pembelajaran akan memberikan pengalaman belajar yang menarik bagi siswa. Siswa bisa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran, menggunakan media membantu untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat mempartinggi hasil belajar terutama pada aspek kognitif (pengetahuan) siswa, terlebih lagi pada pembelajaran biologi yang mana merupakan pembelajaran yang yang menuntuk kreatifitas lebih dalam proses pembelajaran. Guru Biologi Kelas X IPA-2 Nurul Islam, memilih menggunakan media pembelajaran Realia untuk digunakan sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar dikelas tersebut, media yang digunakan berupa benda asli maupun replika yang dibuat oleh guru.
Tujuan dalan penelitian ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan media pembelajaran realia pada mata pelajaran biologi siswa kelas X IPA-2 MA Nurul Islam Sumenep. (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan media pembelajaran realia pada mata pelajaran biologi siswa kelas X IPA-2 MA Nurul Islam Sumenep. (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi media pembelajaran realia pada mata pelajaran biologi siswa kelas X IPA-2 MA Nurul Islam Sumenep.
Pendekatan yang di gunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dan penentuan subyek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penlitian: (1) Perencanaan Media Pembelajaran Realia Pada Mata Pelajaran Biologi Siswa Kelas X IPA-2 MA Nurul Islam Sumenep meliputi pemilihan media Realia yang akan digunakan juga disesuaikan dengan latar belakang lingkungan siswa yang memang berada dilingkungan pesantren meliputi Perencaan Penyusunan Media, dalam observasi yang telah dilaksanakan bahwa guru kelas tersebut menggunakan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) saat proses pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan media Realia. Menentukan media yang akan dipakai guru melihat ketersediaan media yang ada, syang disesuiakna dengan Indikator dan materi yang akan diajarkan. Perencanaan media pembelajaran Realia dalam meningkatkan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran biologi siswa kelas X IPA-2 MA Nurul Islam Sumenep. (2) Pelaksanaan Media Pembelajaran Realia Pada Mata Pelajaran Biologi Siswa Kelas X IPA-2 MA Nurul Islam Sumenep meliputi mempelajari petunjuk penggunaan media Realia yang akan digunakan sesuasi dengan petunjuk yang telah dibuat didalam RPP. Semua peralatan yang akan digunakan disiapkan diawal dengan tujuan agar tidak terganggu oleh hal – hal yang bersifat teknis ketika pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Media Realia. Menjaga agar suasana kondusif supaya tujuan pembelajaran dapat tercapai. Melibatkan siswa dalam proses penggunaan untuk melaksanakan eksperimen terhadap media Realia yang telah disediakan. (3) Evaluasi Media Pembelajaran Realia Pada Mata Pelajaran Biologi Siswa Kelas X IPA-2 MA Nurul Islam Sumenep meliputi pertama, media Realia yang digunakan berupa ekperimen sudah sesuai dengan tujuan dan indikator yang ingin dicapai, kedua media pembelajaran dapat menarik perhatian peserta didik serta sehingga mereka lebih semangat untuk menyimak materi yang dipelajari, ketiga siswa mampu memahami materi lebih mudah sehingga akan berdampak pada hasil belajar mereka nantinya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mr Khairurraziqin Zubil
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:33
Last Modified: 19 Jul 2022 03:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10675

Actions (login required)

View Item View Item