Implementasi konsep sakinah mawaddah wa rahmah bagi pasangan suami istri berstatus Mahasiswa : Studi kasus Mahasiswa Fakultas Syariah UIN KH. Achmad Siddiq Jember

Andarista, Dian Yovie (2022) Implementasi konsep sakinah mawaddah wa rahmah bagi pasangan suami istri berstatus Mahasiswa : Studi kasus Mahasiswa Fakultas Syariah UIN KH. Achmad Siddiq Jember. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dian Yovie Andarista_S20181097.pdf

Download (1MB)

Abstract

Menikah bukanlah hal yang mudah, selain anjuran dalam agama, menikah adalah awal dari proses sosial yang harus dijalani. Terlebih jika yang menikah adalah seorang mahasiswa. Pada kenyataannya tidak semua orang bisa melakukannya, karna menjalankan dua peran sekaligus memberikan konsekuensi yang sangat berat bagi seorang mahasiswa yang memutuskan untuk menikah sambil melanjutkan studinya. Hal inilah yang menjadi daya tarik peneliti untuk mengetahui bagaimana implementasi konsep sakinah mawaddah wa rahmah terhadap kehidupan pernikahan seorang mahasiswa.

Fokus Penelitian pada skripsi ini adalah: 1) Apa yang melatarbelakangi mahasiswa fakultas Syariah UIN KH. Achmad Siddiq Jember menikah sambil kuliah? 2) Apa problematika mahasiswa fakultas Syariah UIN KH. Achmad Siddiq Jember yang menikah sambil kuliah? 3) bagaimana implementasi konsep sakinah mawaddah wa rahmah bagi mahasiswa fakultas Syariah UIN KH. Achmad Siddiq Jember yang menikah sambil kuliah?

Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan latar belakang mahasiswa fakultas Syariah UIN KH. Achmad Siddiq Jember yang menikah sambil kuliah. 2) Untuk mendeskripsikan problematika kehidupan mahasiswa fakultas Syariah UIN KH. Achmad Siddiq Jember yang menikah sambil kuliah. 3) Untuk mendeskripsikan implementasi konsep sakinah mawaddah wa rahmah bagi mahasiswa fakultas Syariah UIN KH. Achmad Siddiq Jember yang menikah sambil kuliah.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi lapangan (Field Research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun keabsahan datanya mengggunakan perpanjangan dalam pengamatan, ketekunan dalam pengamatan, dan triangulasi. Dan dilanjutkan dengan tahap-tahap penelitian diantaranya adalah: 1) Tahap pra lapangan. 2) Tahap penelitian lapangan, 3) Tahap analisis data, dan 3). Tahap akhir penelitian.

Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa: 1) Latar belakang mahasiswa fakultas Syariah UIN KH. Achmad Siddiq Jember memutuskan untuk menikah sambil melanjutkan studinya adalah sebab perjodohan, mempunyai kesiapan untuk menikah, dan menghindari fitnah. 2) Problematika mahasiswa fakultas Syariah UIN KH. Achmad Siddiq Jember yang menikah sambil kuliah ialah belum mampu beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru dan kesulitan dalam membagi waktu. 3) Implementasi konsep sakinah mawaddah wa rahmah bagi mahasiswa fakultas Syariah UIN KH. Achmad Siddiq Jember yang menikah sambil kuliah yaitu memiliki sifat saling terbuka, komunikasi yang terjaga, mengatur perekonomian keluarga, dan memenuhi hak dan kewajiban sebagai suami dan istri juga sebagai seorang mahasiswa.

Kata Kunci : Implementasi; Sakinah Mawaddah wa Rahmah; Mahasiswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012801 Pernikahan (Secara Umum)
Divisions: Fakultas Syariah > Ahwal As-Syakhsyiyyah
Depositing User: Dian Yovie Andarista
Date Deposited: 18 Jul 2022 09:29
Last Modified: 18 Jul 2022 09:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10684

Actions (login required)

View Item View Item