PELAKSANAAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VIII MTS SUNAN KALIJAGA SENDURO TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Wardah, Wardah (2022) PELAKSANAAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VIII MTS SUNAN KALIJAGA SENDURO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Wardah_T20181093-1.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Wardah, 2022: Pelaksanaan Metode Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VIII MTs Sunan Kalijaga Senduro Tahun Pelajaran 2021/2022
Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Berpikir Kritis
Pelaksanaan Metode Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis adalah pembelajaran Al-Qur’an Hadits berbasis masalah dimana lebih menekankan kepada kemampuan berpikir siswa benar-benar dioptimalkan melalui proses kerja kelompok atau sistem yang otomatis, sehingga siswa dapat memberdayakan, mengasah, menguji, dan mengembangkan kemampuan berpikirnya secara berkesinambungan.
Adapun fokus penelitian dalam penelitian ini 1) Bagaimana mengorganisasikan peserta didik dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa? 2) Bagaimana membimbing penyelidikan individu maupun kelompok dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa ? 3) Bagaimana mengembangkan dan menyajikan hasil kemampuan dalam berfikir kritis siswa? 4) Bagaimana menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah pada kemampuan berfikir kritis siswa?
Tujuan Penelitian, 1) Untuk mendeskripsikan pengorganisasikan peserta didik dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa 2) Untuk mendeskripsikan membimbing penyelidikan individu maupun kelompok dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis. 3) Untuk pengembangan dan penyajikan hasil kemampuan dalam berfikir kritis siswa 4) Untuk mendeskripsikan analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah pada kemampuan berfikir kritis siswa.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis kualitaif deskriptif . Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Menggunakan analisis data interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Tahap penelitian meliputi tahap pra lapangan, pekerjaan lapangan, tahap analisis data.
Adapun hasil dari penetian ini yaitu antara lain 1) Mengorganisasikan peserta didik dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa yaitu guru meberikan suatu permasalahan kepada siswa dan memberikan dorongan untuk mengajukan hipotesis, serta membentuk siswa dalam kelompok kecil 2) membimbing penyelidikan individu maupun kelompok dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa yaitu guru membimbing pengumpulan informasi terkait masalah dari berbagaia sumber, kemudian dianalisis untuk memecahkan suatu permasalahan 3) mengembangkan dan menyajikan hasil kemampuan dalam berfikir kritis siswa yaitu mengembangkan laporan hasil penelitian sesuai format, serta mempresentasikan hasil eksperimen dan kelompok lain menanggapi. 4) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah pada kemampuan berfikir kritis siswa yaitu guru mengevaluasi hasil dari eksperimen peserta didik, apa sudah sesuai dengan keilmuan atau masih belum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Wardah Wardah
Date Deposited: 18 Jul 2022 07:00
Last Modified: 18 Jul 2022 07:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10686

Actions (login required)

View Item View Item