Peran panti asuhan dalam pemberdayaan anak yatim: Studi deskriptif panti asuhan Baitul Farah di Banjarbendo Kabupaten Sidoarjo

Wardani, Adjeng Suma (2022) Peran panti asuhan dalam pemberdayaan anak yatim: Studi deskriptif panti asuhan Baitul Farah di Banjarbendo Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ADJENG SUMA WARDANI_D20182006.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kelahiran anak merupakan anugerah dan bentuk amanah dari Allah yang harus dilindungi, dididik, dan diasuh karena mereka memiliki martabat dan hak. Ketika anak-anak yang terlahir kurang beruntung dan kurang mampu, seperti anak-anak yang ditinggalkan ayah atau orang tua mereka karena meninggal ketika mereka masih kecil. Harus mampu menghadapi hidupnya sendiri dengan peran pengganti orang tua, mereka adalah anak yatim. Panti asuhan ialah lembaga sosial yang menampung, mendidik, dan memelihara anak-anak yatim, yatim piatu dan anak terlantar. Pendidikan di panti asuhan diharapkan akan menjadikan anak mencapai kemandirian, memiliki keterampilan, melindungi anak dari rawan putus sekolah, dan menyelamatkan iman.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peran Panti Asuhan Baitul Farah Pondok Mutiara dalam upaya pemberdayaan anak yatim di Banjarbendo Kabupaten Sidoarjo 2) Apa faktor pendukung dan penghambat Panti Asuhan Baitul Farah Pondok Mutiara dalam pemberdayan anak yatim di Banjarbendo Kabupaten Sidoarjo . Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana peran panti asuhan Baitul Farah Kabupaten Sidoarjo dalam upaya pemberdayaan anak yatim dan dhuafa. 2) Untuk mendeskripsikan bagaimana faktor pendukung dan penghambat Panti Asuhan Baitul Farah Kabupaten Sidoarjo dalam pemberdayaan anak yatim.
Mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian menggunakan analisis pendekatan kualitatif dengan penentuan penelitian secara purposive sampling dengan sumber data primer dan data sekunder agar dapat mengetahui Peran Panti Asuhan Baitul Farah dalam pemberdayaan anak yatim secara deskriptif, serta bagaimana cara Panti Asuhan Baitul Farah dalam memberdayakan anak yatim dan mengetahui pendukung dan penghambat Panti Asuhan Baitul Farah dalam memberdayakan anak yatim. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan pada program Panti Asuhan Baitul Farah meliputi: Pengembangan bidang pendidikan, memberikan pembinaan keterampilan, pengembangan bidang kerohanian. pengembangan bidang jasmani, pengembangan bidang sosial. Menggunakan analisis SWOT pada faktor internal terdapat faktor pendukung kekuatan (streght) terdiri fasilitas sarana dan prasarana dan dukungan masyarakat dan donatur, serta peluang (opportunities) terdiri motivasi anak. Faktor eksternal terdapat faktor penghambat kelemahan (weaknesses) terdiri dari pribadi anak, ancaman (threats) terdiri dari lingkungan, minimnya tenaga penggurus, dan faktor dana.

panti asuhan; pemberdayaan; anak yatim

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160810 Urban Sociology and Community Studies
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ms Adjeng Suma Wardani
Date Deposited: 20 Jul 2022 08:33
Last Modified: 20 Jul 2022 08:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10687

Actions (login required)

View Item View Item