IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI PAUD NURUL AMIEN PATRANG KABUPATEN JEMBER

Muazis, Moh Riski (2022) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI PAUD NURUL AMIEN PATRANG KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI MOH RISKI MUAZIS T20183092..pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Moh Riski Muazis, 2022 : “Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter dalam Pembinaan Ahlak Peserta Didik di Paud Nurul Amien“
Kata kunci : Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter, Pembinaan Ahlak Peserta Didik
Sekolah merupakan sebuah lembaga pendidikan yang dituntut untuk selalu tumbuh dan berkembang mengikuti perubahan zaman yang ada. Maka tuntutan terhadap penerapan Pendidikan karakter yang efektif dan efisien menjadi sebuah tantangan bagi sekolah untuk menunjang dan mempermudah semua kegiatan di sekolah tersebut. penerapan manajemen Pendidikan karakter merupakan hal yang harus dipertimbangakan adanya dalam menghadapi peserta didik yang kurang mencerminkan karakter yang baik dan menyimpang maka perlunya adanya implementasi pendidikan karakter dalam pembinaan ahalak peserta didik
Fokus penelitian ini adalah : 1). Bagaimana perencanaan implementasi manajemen pendidikan karakter dalam pembinaan ahlak peserta didik di PAUD Nurul Amin Patrang Kabuaten Jember 2). Bagaimana pengorganisasian implementasi manajemen pendidikan karakter dalam pembinaan akhlak peserta didik di PAUD Nurul Amien Patrang Kabupaten Jember 3). Bagaimana pelaksanaan implementasi manajemen pendidikan karakter dalam pembinaan akhlak peserta didik di PAUD Nurul Amien Patrang Kabupaten Jember 4). Bagaimana evaluasi implementasi manajemen pendidikan karakter dalam pembinaan akhlak peserta didik di PAUD Nurul Amien Patrang Kabupaten Jember
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah: 1) kondensasi data 2) penyajian data 3) kesimpulan, penarikan/verifikasi. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dati penelitian ini adalah 1) perencanaan implementasi manajemen pendidikan karakter yang di lakukan pendidik ialah merumuskan RPPH tidak hanya itu kepala Lembaga juga merumsukan visi-misi, merumuskan progam Pendidikan yang di dalamnya memuat segala sesuatu yang akan dilaksankan. 2) pengorganisasian implementasi manajemen pendidikan karakter ialah pembagian tugas dan waktu belajar yang di lakukan kepala Lembaga ke pendidik . 3 ) pelaksanaan implementasi manajemen pendidikan karakter ialah melaksanakan progam yang direncanakan dan mengarahkan peserta didik dalam melaksanakan suatu kegiatan baik secara teori maupun paraktek seperti: pembiasaan nilai-nilai religious, keteladanan dan penanaman prilaku terpuji pada anak, baik prilaku terpuji dengan guru, orang tua dan lingkungan. 4) evaluasi manjemen Pendidikan karakter yang di lakukan pendidik di dalam kelas, memberi tambahan atau masukan ke pendidik apabila penerapatnya kurang tepat dan tujuaan dari penerapan implementasi manajemen Pendidikan karakter sudah sesua dengan progam dan hasil yang maksimal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Depositing User: MOH RISKI MUAZIS
Date Deposited: 10 Aug 2022 01:49
Last Modified: 10 Aug 2022 01:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10712

Actions (login required)

View Item View Item