Penerapan Pidana Pemiskinan Terhadap Pelaku Tindak Pidana Korupsi Di Era Pandemi Covid-19

Khairunnisa, Dinda (2022) Penerapan Pidana Pemiskinan Terhadap Pelaku Tindak Pidana Korupsi Di Era Pandemi Covid-19. Undergraduate thesis, Uin Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Dinda Khairunnisa wm.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dinda Khairunnisa, 2022: Penerapan Pidana Pemiskinan Terhadap Pelaku Tindak Pidana Korupsi Di Era Pandemi Covid-19

Kata Kunci: Penerapan, pidana pemiskinan, pelaku tindak pidana korupsi, era pandemi Covid-19

Seiring berkembangnya teknologi, laju produksi pasar hingga problematika kesehatan dunia mengakibatkan pidana-pidana yang semakin kompleks. Hal ini menyebabkan perlunya evaluasi besar-besaran terhadap pola pemidanaan. Penelitian hukum mestinya juga bergerak untuk memperkuat ekonomi melalui pencegahan virus korupsi yang akan memperparah dan memperlambat percepatan ekonomi. Dari berbagai sisi upaya pemberantasan korupsi dan formula pencegahannya mesti terus dikaji. Wacana pidana pemiskinan sebagai upaya memberi efek jera koruptor terus menerus diperdebatkan. Latar belakang dicetuskannya pun sudah jelas, karena minimnya efek jera, merajalelanya korupsi di Indonesia, korupsi dana penanggulangan pandemi dan berbagai hal timpang dalam proses pemberantasan korupsi.
Penelitian ini akan terfokus pada: Bagaimana pidana pemiskinan yang diterapkan terhadap pelaku tindak pidana korupsi di era pandemi Covid-19? Dan Apakah pidana pemiskinan menjamin efek jera?. Tentu dengan tujuan untuk (1) Mengetahui pidana Pemiskinan yang diterapkan terhadap pelaku Tindak pidana Korupsi di era pandemi Covid-19 (2) Pidana Pemiskinan yang memberi Efek jera.
Penelitian ini merupakan studi kepustakaan dengan kajian mendalam terhadap masalah otentik terkait dengan penerapan pidana pemiskinan di Indonesia. Dengan 2 jenis data yakni primer dan sekunder. Data yang peneliti himpun juga didukung dengan berbagai macam riset tentang Legal principal dan legal doctrines untuk merespon actual legal issue.
Adapun hasil dari penelitian pustaka ini menunjukkan bahwa adanya beberapa indikasi, diantaranya: 1) Pidana pemiskinan pelaku tindak pidana korupsi di era pandemi tidak massif dilakukan, 2) Pidana pemiskinan koruptor kita saat ini belum memberikan efek jera.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180110 Criminal Law and Procedure (incl. Islamic Criminal Law, Jinayat)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Dinda Khairunnisa Nda
Date Deposited: 18 Jul 2022 07:06
Last Modified: 18 Jul 2022 07:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10724

Actions (login required)

View Item View Item