Pengelolaan bank sampah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat perspektif maqashid syariah

susanti, ika (2022) Pengelolaan bank sampah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat perspektif maqashid syariah. Masters thesis, Uversitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
IKA SUSANTI_0839219107.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Ika Susanti, Dr. Moch. Chotib, S.Ag., MM, Dr. Ahmadiono, M.E.I.

Pengelolaan Bank Sampah Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Perspektif Maqashid Syari’ah.

Bank Sampah Malabar diresmikanpada 01 Agustus 2018 yang kini telah menjadi Bank Sampah paling aktif dan paling banyak menghasilkan daur ulang. Lembaga ini telah memberikan kontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat melalui program-program yang telah terlaksana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana praktek pengelolaan Bank Sampah Malabar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Gang Malabar RW 07 Kel. Kota Kulon, Kec. Bondowoso, Kab. Bondowoso. Kesejahteraan yang dilihat tidak hanya dari perspektif umum tetapi juga dilihat dari perspektif maqashid syari’ah.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data dan penyajian data. Teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pengelolaanyaBank Sampah Malabarmenerapkan teoritata kelola manajemen yang terdiri dari perencanaan (planning),pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating)danpengewasan (controlling). Hasil lain yang didapatkan dari penelitian ini, yaitu program yang dilaksakanakan oleh Bank Sampah Malabar telah berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari berbagai indikator seperti: kesehatan, tempat tinggal, pekerjaan, pendidikan, dan sosial budaya. Selain itu, penelitian ini menunjukan bahwa program-program yang dilaksanakan Bank Sampah Malabar sejalan dengan prespektif maqashid syari’ah seperti yang dikemukakan Imam Syathibi yakni, 1) Program arisan yang dikemas dengan istighosah bersama merupakan implementasi dari hifdz diin (menjaga agama). 2) Program tabungan dan pembuatan kerajinan merupakan implementasi dari hifdz maal (menjaga harta). 3) Pengelolaan sampah dengan prinsip 3R yang berimplikasi pada kebersihan lingkungan dan bertambahnya pendapatan ekonomi merupakan implementasi dari hifdz nafs (menjaga jiwa).

Kata Kunci :Manajeman Bank Sampah Malabar, Kesejahteraan, Maqashid Syari’ah

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Ika Susanti
Date Deposited: 18 Jul 2022 07:19
Last Modified: 18 Jul 2022 07:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10730

Actions (login required)

View Item View Item