STRATEGI KEMITRAAN SEBAGAI UPAYA PEMBERDAYAAN EKONOMI DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Studi Kasus Pada Usaha Koperasi Ternak Tani Syari’ah Mitra Subur Kabupaten Bondowoso)

Nurjannah, Feby (2022) STRATEGI KEMITRAAN SEBAGAI UPAYA PEMBERDAYAAN EKONOMI DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Studi Kasus Pada Usaha Koperasi Ternak Tani Syari’ah Mitra Subur Kabupaten Bondowoso). Masters thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
FEBY NURJANNAH_0839219016.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK

Feby Nurjannah, 2022. Strategi Kemitraan Sebagai Upaya Pemberdayaan Ekonomi Dalam Meningkatkan Pendapatan Dan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus Pada Usaha Koperasi Ternak Tani Syari’ah Mitra Subur Kabupaten Bondowoso)

Kata Kunci : Strategi Kemitraan, Peningkatan Pendapatan, Kesejahteraan

Kemitraan adalah jalinan kerjasama usaha yang merupakan strategi bisnis yang dilakukan antara dua pihak atau lebih dengan prinsip saling membutuhkan, saling memperbesar dan saling menguntungkan. Hubungan kerjasama tersebut tersirat adanya satu pembinaan dan pengembangan Hal ini dapat terlihat karena pada dasarnya masing-masing pihak pasti mempunyai kelemahan dan kelebihan, justru dengan kelemahan dan kelebihan masing-masing pihak akan saling melengkapi dalam arti pihak yang satu akan mengisi dengan cara melakukan pembinaan terhadap kelemahan yang lain dan sebaliknya.
KTTS merupakan organisasi berbadan hukum koperasi yang bertujuan untuk memberikan pemberdayaan pada masyarakat Bondowoso. Penelitian di fokuskan pada: 1) Bagaimana strategi kemitraan usaha Koperasi Ternak Tani Syari’ah Mitra Subur sebagai upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat? 2) Bagaimana dampak strategi kemitraan Koperasi Ternak Tani Syari’ah Mitra Subur terhadap peningkatan pendapatan masyarakat Kabupaten Bondowoso? 3) Bagaimana dampak strategi kemitraan Koperasi Ternak Tani Syari’ah Mitra Subur terhadap kesejahteraan ekonomi masyarakat Kabupaten Bondowoso? 4) Bagaimana faktor-faktor pendukung dan penghambat strategi kemitraan Koperasi Ternak Tani Syari’ah Mitra Subur?
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deksriptif dengan instrumen kunci peneliti sendiri. Lokasi penelitian pada Koperasi Ternak Tani Syariah di Desa Karanganyar Kecamatan Tegal Ampel Kabupaten Bondowoso. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data yang diperoleh terdiri dari sumber data primer dan sekunder.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola kemitraan yang dijalankan oleh KTTS adalah pola kemitraan inti plasma dengan lembaga sebagai penyedia barang dan pemasaran produk. Keberadaan konsep kemitraan Koperasi Ternak Tani Syariah dapat memberikan pemberdayaan, peningkatan pendapatan, dan kesejahteraan bagi anggota/mitra-mitranya. Pemberdayaan yang dilakukan berupa pembinaan terhadap anggota tentang bagaimana caranya agar dapat beternak dengan cara dan waktu yang lebih efektif dan efisien. Dampaknya tentu akan sangat berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan dan kesejahteraan dari masing-masing anggota.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs. FEBY NURJANNAH
Date Deposited: 18 Jul 2022 00:51
Last Modified: 18 Jul 2022 00:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10738

Actions (login required)

View Item View Item