Analisis Wacana Van Dijk Dalam Program Pengarus Utamaan Gender di RRI Jember

Wulandari, Cahyani (2022) Analisis Wacana Van Dijk Dalam Program Pengarus Utamaan Gender di RRI Jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
CAHYANI WULANDARI-D20181039.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini mengulas tentang salah satu program yang terdapat dalam Radio Republik Indonesia (RRI) Jember, yaitu Pengarus Utamaan Gender. Penelitian ini layak dilakukan karena belum pernah ada yang meneliti program ini di RRI Jember sebelumnya, dan materi yang disampaikan merupakan salah satu hal yang sering kita temui dikehidupan sekitar kita. Di dalamnya mengulas tentang segala macam isu gender dan pemberdayaannya, karena kehidupan masyarakat yang patriarki yang membuat seorang perempuan masih terendahkan, dimana pola laki-laki masih menjadi penguasa sepenuhnya terhadap perempuan.
Adapun rumusan masalahnya yaitu 1) bahasa apa saja yang digunakan penyiar untuk menyiarkan program Pengarus Utamaan Gender (PUG) di RRI Jember? 2) tindakan komunikasi apakah yang digunakan oleh penyiar RRI Jember untuk mendukung tujuan program Pengarus Utamaan Gender (PUG)?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui bahasa apa yang digunakan penyiar di dalam program Pengarus Utamaan Gender (PUG) di RRI Jember. 2) untuk mengetahui tindakan komunikasi yang dilakukan oleh penyiar dalam mendukung tujuan program Pengarus Utamaan Gender (PUG) di RRI Jember.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif teks media, dengan menggunakan elemen wacana model Van Dijk. Sehingga peneliti men-transkip data yang berbentuk audio ke dalam bentuk tulisan, yang kemudian peneliti analisis menggunakan elemen-elemen wacana Van Dijk. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan penelitian tentang analisis wacana Van Dijk terhadap program Pengarus Utamaan Gender di RRI Jember, peneliti memperoleh kesimpulan yakni 1)siaran program Pengarus Utamaan Gender ditinjau analisis teks wacana Van Dijk bahasa yang digunakan oleh penyiar RRI Jember adanya kecenderungan memihak seorang perempuan harus bisa mengangkat harkat martabatnya dengan menggunakan Bahasa yang dapat dipahami, dimengerti dan dapat diterima oleh pendengar/ khalayak yang mendengarkan siaran RRI Jember. 2) dilihat dari segi struktur wacana kritis Van Dijk, peneliti menyimpulkan bahwa tindakan komunikasi yang dilakukan oleh penyiar RRI Jember dalam mendukung tujuan program Pengarus Utamaan Gender sangat baik dan terlaksana. Selain tindakan komunikasi penyiar RRI Jember juga melakukan berupa aksi yang dilakukan di dalam kehidupan sehari-hari.
Kata Kunci: Wacana Van Dijk, Pengarus Utamaan Gender, RRI Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies > 200205 Culture, Gender, Sexuality
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Cahyani Wulandari
Date Deposited: 19 Jul 2022 02:08
Last Modified: 19 Jul 2022 02:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10739

Actions (login required)

View Item View Item