Strategi Segmentasi Pasar Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Di Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Genteng Kabupaten Banyuwangi

Lailatul Fitriyah, Tiwik Nur (2022) Strategi Segmentasi Pasar Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Di Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Genteng Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Tiwik Nur Lailatul Fitriyah_E20181038.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Tiwik Nur Lailatul Fitriyah, Nadia Azalia Putri, M.M. 2022: Strategi Segmentasi Pasar Dalam Meningkatkan Jumlah Di Bank Muamalat KCP Genteng Kabupaten Banyuwangi.
Strategi merupakan langkah awal dalam suatu peruahaan untuk memperkenalkan produknya kepada konsumen. Hal tersebut sangat penting dilakukan untuk memperoleh kentungan yang diharapkan oleh perusahaan. Segmentasi adalah menentukan beberapa jadwal permintaan sampai dipisahkan satu persatu untuk setiap pasar. Segmentasi utama yang digunakan adalah segmenatsi pasar. Segmentasi pasar digunakan untuk memilih pasar sasaran, mencari peluang, menggrogoti segmen pemimpin pasar, merumuskan pesan komunikasi, melayani lebih baik, menganalisis bisnis dan lain-lain.
Fokus masalah pada skripsi ini adalah: 1). Bagaimana penerapan strategi segmentasi pasar yang dimiliki Bank Muamalat KCP Genteng Kabupaten Banyuwangi dalam meningkatkan jumlah nasabah ?. 2). Bagaimana dampak strategi segmentasi pasar terhadap peningkatan nasabah pada Bank Muamalat KCP Genteng Kabupaten Banyuwangi ?. Tujuan penelitian pada skripsi ini adalah untuk mengetahui strategi segmentasi pasar yang dimiliki Bank Muamalat KCP Genteng Kabupaten Banyuwangi serta untuk mengetahui peningkatan jumlah nasabah pada Bank Muamalat KCP Genteng setelah menerapkan strategi segmentasi pasar.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut pada penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pendekatan kualitatif adalah pendekatan yang dimaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subyek penelitian. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Pada penelitian ini peneliti memperoleh kesimpulan yaitu, strategi yang digunakan pada Bank Muamalat KCP Genteng untuk meningkatkan jumlah nasabah yaitu strategi segmentasi pasar. Karena strategi segmentasi pasar merupaka langkah awal dalam perusahaan untuk memperkenalkan produk pada konsumen. Dengan adanya segmentasi pasar akan mempermudah Bank Muamalat KCP Genteng untuk melakukan pemasaran dan melayani nasabah yang memiliki karakteristik dasar untuk menentukan strategi yang lebih efektif dalam peningkatan jumlah nasabah. Dengan menggunnakan segmentasi pasar Bank Muamalat KCP Genteng dapat mengetahui bagaimana kondisi permintaan pasar akan jasa lembaga keuangan syariah.

Kata kunci: strategi, segmentasi pasar, nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140302 Econometric and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Tiwik Nur Lailatul Fitriyah
Date Deposited: 19 Jul 2022 07:19
Last Modified: 19 Jul 2022 07:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10745

Actions (login required)

View Item View Item