Diki Maulana Syahroni, - (2021) Penerapan Strategi Pemasaran Asuransi Melalui Bancassurance Pada PT Asuransi BRI Life Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Jurusan Ekonomi Islam Prodi Perbankan Syariah.
Text
DIKI MAULANA SYAHRONI_E20171058.pdf Download (57MB) |
Abstract
Diki Maulana Syahroni, Dr. Khamdan Rifa’i, SE., M.Si, 2021 : Penerapan Strategi Pemasaran Asuransi Melalui Bancassurance Pada PT Asuransi BRI Life Jember. Strategi pemasaran adalah proses pengusaha utuk mempengaruhi konsumen agar para konsumen tahu produk yang diproduksinya. Tindakantindakan yang di lakukan pengusaha untuk mempengaruhi konsumen yaitu tindakan mengenai: produk (product), harga (price), promosi (promotion), dan tempat (place). Empat tindakan tersebut disebut dengan bauran pemasaran (marketing mix). Dengan merujuk kebutuhan masyarakat akan produk asuransi yang semakin meningkat, didukung dengan inovasi pemasaran produk asuransi melalui pihak bank (bancassurance), akan efektif dan sangat memungkinkan bagi masyarakat untuk lebih mudah mendapatkan akses kepada produk asuransi yang dibutuhkan. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan strategi pemasaran asuransi melalui Bancassurance pada PT Asuransi BRI Life Jember?2) Bagaimana kendala PT Asuransi BRI Life Jember dalam memasarkan produk asuransi serta cara menanganinya? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian ini yang digunakan adalah penelitian studi kasus, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengguakan Wawancara, observasi, dan documenter, sedangkan analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa 1) Dalam penerapan strategi pemasaran asuransi melalui Bancassurance pada PT Asuransi BRI Life Jember disimpulkan bahwa BRI Life sudah menerapkan 4P yaitu, a) strategi produk, b) strategi harga, c) strategi tempat d) strategi promosi. 2) Kendala PT Asuransi BRI Life Jember dalam memasarkan asuransi serta cara menanganinya yaitu janji nasabah yang tidak kunjung terealisasikan, kedua image asuransi yang buruk. Dalam mengatasi kendala yang ada yaitu dengan cara memberikan kesempatan nasabah untuk menyampaikan keluhan-keluhan yang biasanya dialami, pelayanan yang ramah memberikan penjelasan kepada calon nasabah, serta memberikan bukti-bukti klaim yang sudah berhasil. Kata Kunci :,Strategi Pemasaran, Asuransi, Bancassurance.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Ifan Ali Mufti |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 00:25 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 00:25 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10746 |
Actions (login required)
View Item |