ANALISIS PENETAPAN HARGA LELANG BARANG JAMINAN GADAI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM DI PEGADAIAN SYARIAH A. YANI JEMBER

Ferdiansyah, Arisandi (2022) ANALISIS PENETAPAN HARGA LELANG BARANG JAMINAN GADAI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM DI PEGADAIAN SYARIAH A. YANI JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ARISANDI FERDIANSYAH_E20151041 (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Arisandi Ferdiansyah, M.F. Hidayatullah, S.H.I., M.S.I 2022 : Analisis penetapan harga lelang barang jaminan gadai perspektif Ekonomi Islam di Pegadaian Syariah A. Yani Jember.
Lelang merupakan kegiatan jual beli di khalayak umum, yang mana penjual melakukan penawaran terhadap barang kemudian para pembeli atau konsumen saling tawar-menawar harga. Dalam praktik lelang, proses penjualannya terkadang tidak berjalan dengan lancar karena terdapat faktor yang menyimpang, misalnya permainan harga. Disini peneliti ingin meneliti tentang penentuan harga barang lelang jaminan gadai perspektif Ekonomi Islam pada Pegadaian Syariah A. Yani Jember.
Fokus penelitian dalam skripsi ini, yaitu: (1) Bagaimana mekanisme penetapan harga lelang barang jaminan gadai pada Pegadaian Syariah A. Yani Jember? (2) Bagaimana penetapan harga lelang barang jaminan gadai perspektif ekonomi Islam pada Pegadaian Syariah A. Yani Jember?
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mendeskripsikan mekanisme dalam menentukan harga barang lelang jaminan gadai pada Pegadaian Syariah A. Yani Jember. (2) Untuk mendeskripsikan penentuan harga lelang terhadap barang jaminan gadai perspektif ekonomi Islam pada Pegadaian Syariah A. Yani Jember.
Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Teknik penentuan mengenai subjek dalam penelitian ini memakai teknik purposive, sedangkan teknik pengumpulan data memakai metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Metode dalam analisis menganalisis data memakai metode analisis deskriptif. Trianggulasi sumber yang digunakan dalam metode keabsahan data.
Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu: (1) mekanisme dalam penentuan harga lelang pada Pegadaian Syariah A. Yani Jember telah sesuai dengan prinsip syariah, karena pihak pegadaian mentukan ketetapan harga berdasarkan ketentuan yang berlaku, yaitu melihat harga dasar lelang barang jaminan gadai yang dirujuk pada harga pasar setempat, harga pasar daerah, dan harga pasar pusat disesuaikan berdasarkan kategori barang jaminan yang akan dilelang tersebut. (2) Penentuan ketetapan harga lelang barang jaminan pada Pegadaian Syariah A. Yani Jember sudah menggunakan prinsip syariah karena pegadaian syariah dalam menentukan harga berpedoman pada ketentuan Ekonomi Islam yaitu sejalan dengan mekanismenya, terlebih dahulu melihat harga dasar lelang dengan melakukan survei ke pasar pusat, pasar daerah dan pasar setempat agar meminimalisir terjadinya permainan harga dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, melakukan penaksiran ulang dan mengupayakan penjualan lelang yang setinggi-tingginya karena pihak pegadaian tidak ingin pihak nasabah merugi terkait barang jaminannya yang sudah dilelang.

Kata kunci: Penetapan Harga, Barang Jaminan, Lelang, Pegadaian Syariah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Arisandi Ferdiansyah
Date Deposited: 20 Jul 2022 01:54
Last Modified: 20 Jul 2022 01:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10758

Actions (login required)

View Item View Item