Peranan Penyuluh Agama dalam Mereduksi Penyalahgunaan Narkoba Pada Remaja Didesa Randuagung

Permana, Septiandika Indar (2022) Peranan Penyuluh Agama dalam Mereduksi Penyalahgunaan Narkoba Pada Remaja Didesa Randuagung. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
Septiandika Indar Permana_D20173038.pdf

Download (1MB)

Abstract

Masalah penyalahgunaan narkoba di Indonesia, sekarang ini sudah sangat memprihatinkan. Kasus penyalah gunaaan narkoba terjadi juga di Desa Randuagung Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang Provinsi Jawa Timur. Terbukti dengan maraknya kasus penangkapan akibat penyalahgunaan narkoba yang terjadi dalam setahun belakangan, seperti tertangkapnya pengguna sabu berinisial RWP (20) warga Randuagung yang ditangkap polisi pada Jumat 30 Juli 2021, Tertangkapnya laki-laki berinisial AH (27) warga Desa Randuagung, senin 02Agustus 2021, penangkapan Tersangka berinisial ARS (26)diringkus di rumahnya. Peranan penyuluh agama dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba pada remaja di desa Randuagung Kecamatan Randuagung dengan menggunakan metode dalam penyuluhannya relatif sangat sederhana.
Adapun fokus yang peneliti ambil dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana Peranan penyuluh Agama dalam pencegahan kasus narkoba di Desa Randuagung?(2) Bagaimana metode penyuluh Agama dalam pencegahan kasus narkoba Didesa Randuagung?.Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan peran penyuluh agama dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba pada remaja di Desa Randuagung. (2) mendeskripsikan Metode penyuluh agama dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba pada remaja di Desa Randuagung.
Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpuan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk teknis analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi atau penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian secara ringkas menunjukkan bahwa (1) Peranan seorang penyuluh agama di Desa Randuagung sangat penting sehingga mampu membimbing serta mencegah penyalahgunaannarkoba di Desa Randuagung. (2) Metode yang dilakukan yakni dengan menggunakan metode individu dan kelompok.
Kata Kunci: Penyuluh Agama, Remaja, Narkoba

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160702 Counselling, Welfare and Community Services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Septiandika Indar Permana
Date Deposited: 20 Jul 2022 02:27
Last Modified: 20 Jul 2022 02:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10778

Actions (login required)

View Item View Item