Pemenuhan Hak Politik Keterwakilan Perempuan Di Partai Golkar Dalam Pemilu 2019 Di Kabupaten Lamongan Berdasarkan UU No. 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu

Putri, Vanesa Ingka (2022) Pemenuhan Hak Politik Keterwakilan Perempuan Di Partai Golkar Dalam Pemilu 2019 Di Kabupaten Lamongan Berdasarkan UU No. 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
VANESA INGKA PUTRI_S20183019.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Vanesa Ingka Putri, 2022: Persepsi Pengurus Partai Golkar Tentang Keterwakilan Politik Perempuan Dalam Pemilu 2019 Di Kabupaten Lamongan

Kata Kunci: Persepsi, Keterwakilan Politik Perempuan

Pemenuhan hak politik keterwakilan perempuan dalam pemilu 2019 di Kabupaten Lamongan merupakan bentuk kesadaran bagi perempuan untuk mendapatkan hak nya di dalam bidang politik. Di Kabupaten Lamongan sendiri perempuan yang berpolitik masih menjadi sorotan bagi publik oleh karena itu sering kali keterwakilan politik perempuan di Kabupaten Lamongan masih sedikit tersalurkan contohnya pada pemilu 2019 yang terjadi penurunan keterwakilan politik perempuan pada kepengurusan legislatif di partai Golkar. Dengan adanya penurunaan keterwakilan politik perempuan di partai Golkar pada pemilu 2019 di Kabupaten Lamongan hak politik bagi perempuan menjadi tidak terpenuhi.
Fokus penelitian yang diteliti dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan pemenuhan hak poliyik keterwakilan perempuan di partai Golkar berdasarkan UU NO.7 Tahun 2017 Tentang Pemilu? 2) Bagaimana mekanisme pengurus DPD partai Golkar Kabupaten Lamongan dalam menentukan calon anggota legislatif perempuan dalam pemilu 2019? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan Pelaksanaan pemenuhan hak politik keterwakilan perempuan di partai golkar berdasarkan uu no. 7 tahun 2017 tentang pemilu. 2) Untuk mendeskripsikan mekanisme partai Golkar dalam menentukan calon anggota legislatif perempuan dalam pemilu 2019 di Kabupaten Lamongan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research, subyek dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini 1) Pemenuhan hak politik keterwakilan perempuan di partai Golkar dalam pemilu 2019 di Kabupaten Lamongan dipenuhi dengan mengadopsi ketentuan 30% pada UU No. 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu pada Pasal 121 huruf e dan Pasal 173 Ayat (2) huruf e yang telah diatur oleh pemerintah sebagai akses yang terbuka bagi pemenuhan hak politik keterwakilan perempuan.Karena keterwakilan politik perempuan adalah wujud dari emansipasi wanita dengan partisipasi serta kontribusinya berupa tenaga
dan juga materi untuk mendapatkan hak yang setara dalam hal memilih dan dipilih atau mencalonkan diri di dalam pemilu legislatif 2019 di Kabupaten Lamongan. 2) Mekanisme pengurus partai Golkar Kabupaten Lamongan dalam menentukan calon anggota legislatif perempuan dalam pemilu 2019 adalah terbuka untuk umum serta memberlakukan kesetaraan dengan tidak membatasi jumlah bagi caleg perempuan dan laki-laki meskipun dalam praktiknya belum ada caleg perempuan dari partai Golkar yang terpilih dalam kepengurusan legislatif karena kurangnya hak pilih dari masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180108 Constitutional Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Vanesa Ingka Putri
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:02
Last Modified: 20 Jul 2022 03:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10798

Actions (login required)

View Item View Item