Etika Pemberitaan Citizen Journalism di Radio Bintang Tenggara 95,6 FM Banyuwangi

Rizal, Nur Yahya (2022) Etika Pemberitaan Citizen Journalism di Radio Bintang Tenggara 95,6 FM Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RIZAL NUR YAHYA_D20181058.pdf

Download (3MB)

Abstract

Radio merupakan salah satu media elektronik yang memiliki sebuah peranan penting dalam kehidupan, yang mana bertujuan untuk menyampaikan informasi baik berita, hiburan masyarakat, dan iklan. Pers di Indonesia sudah jelas sebagaimana yang tercantum pada bab I ketentuan umum pasal 1 ayat 1 UU RI No. 40 tahun 1999 tentang pers: pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi mencari memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, dan gambar, serta data dan grafik maupun bentuk lainya dengan menggunakan media cetak, media elektronik dan segala jenis saluran yang tersedia.
Fokus penelitian ini meliputi: 1). Apa standar nilai berita yang dijadikan acuan pengelola untuk mengolah informasi citizen journalism di Radio Bintang Tenggara 95,6 FM Banyuwangi?2). Bagaimana para pengelola menerapkan standar nilai berita tersebut dalam menyampaikan berbagai informasi citizen journalism di Radio Bintang Tenggara 95,6 FM Banyuwangi?
Tujuan penelitian meliputi:1). Mendeskripsikan Apa standar nilai berita yang dijadikan acuan pengelola untuk mengolah informasi citizen journalism di Radio Bintang Tenggara 95,6 FM Banyuwangi 2).Mendesikripsikan Bagaimana para pengelola menerapkan standar nilai berita tersebut dalam menyampaikan berbagai informasi citizen journalism di Radio Bintang Tenggara 95,6 FM Banyuwangi
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif jenis deskiptif, teknik pengumpulan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumen. Analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman, yaitu dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini adalah: 1). Standar nilai berita yang dijadikan acuan pengelola untuk mengolah informasi dengan menerapkan kaidah jurnalistik dan 5W+1h Konsep paling sederhana dari etika pemberitaan, bahwa etika sendiri diartikan sebagai moral, etika dapat mempengaruhi baik buruk cara seseorang mengambil keputusan. Sama halnya dengan etika pemberitaan layak tidaknya berita tergantung nilai dari sebuah berita merupakan kriteria dan unsur yang menjadi ukuran terhadap fakta layaknya pemberitaan di Radio Bintang Tenggara 95,6 FM Banyuwangi 2). Para pengelola menerapkan standar nilai berita dengan menyesuaikan kriteria dan unsur yang menjadi ukuran terhadap fakta layaknya pemberitaan.
Kata kunci:Radio,Citizen journalism, Etika pemberitaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems > 080602 Computer-Human Interaction
08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems > 080609 Information Systems Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rizal Nur Yahya
Date Deposited: 20 Jul 2022 02:03
Last Modified: 20 Jul 2022 02:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10811

Actions (login required)

View Item View Item