Motif guru tpq al-barakah dalam melaksanakan pembelajaran tatap muka pada masa pandemi covid-19 di kecamatan jelbuk kabupaten jember

Musauwir, Musauwir (2022) Motif guru tpq al-barakah dalam melaksanakan pembelajaran tatap muka pada masa pandemi covid-19 di kecamatan jelbuk kabupaten jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
musawir skripsi .pdf

Download (2MB)

Abstract

Proses belajar mengajar merupakan suatu hal yang wajib dilakukan oleh guru dan peserta didik guna mempermudah dalam penyampaian materi dan lain sebagainya. Di tahun 2019 dunia pendidikan mengalami perubahan proses belajar mengajar yang awalnya dilakukan secara luring, kini harus dilakukan secara daring. Hal tersebut dikarenakan adanya dampak dari menyebarluasnya penyakit menular diberbagai Negara termasuk Indonesia. Nama dari penyakit tersebut adalah Covid-19. Meskipun pemerintah telah merubah proses belajar mengajar, TPQ Al-Barakah tetap mempertahankan dalam melakukan proses belajar mengajar secara luring.
Adapun konteks penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pelaksanaan protokol kesehatan pada proses pembelajaran di TPQ Al-Barakah Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember pada masa pandemi COVID-19? 2) Apa motif guru TPQ Al-Barakah Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember dalam menjalankan proses pembelajaran pada masa pandemi COVID-19?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi lapangan yang dilakukan di TPQ Al-Barakah Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember. Subyek penelitian menggunakan teknik purposive dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan protokol kesehatan pada proses pembelajaran di Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Al-Barakah Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember di masa pandemi COVID-19 yaitu: (a) Mencuci tangan, sebelum dan sesudah menyentuh benda apapun. (b) Menjaga jarak antar manusia, (c) Memakai masker di segala tempat. (d) Mengukur suhu tubuh sebelum memasuki ruangan. (2) Motif guru untuk melaksanakan pembelajaran secara luring atau tatap muka diantaranya: (a) Lebih efisien luring ketimbang daring. (b) Kepatuhan ustadz kepada pendiri. (c) perasaan malu atau sungkan kepada orang yang berjasa.

Kata Kunci: Motif Guru, Pembelajaran, Covid-19

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: MUSAUWIR MUSAUWIR MUSAUWIR
Date Deposited: 19 Jul 2022 08:51
Last Modified: 19 Jul 2022 08:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10814

Actions (login required)

View Item View Item