PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 JEMBER

Wibowo, Khoirul (2020) PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 JEMBER. Undergraduate thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) JEMBER.

[img] Text
Khoirul Wibowo_084 134 066.pdf

Download (53MB)

Abstract

Pendidikan karakter sudah menjadi kewajiban yang harus diberikan pada
peserta didik dalam segala satuan pendidikan. Dengan demikian penelitian ini
bertujuan untuk menemukan dan mendeskripsikan berbagai bentuk pembinaan
dalam menanamkan nilai-nilai karakter peserta didik melalui kegiatan
ekstrakurikuler Pramuka di MIN 1 Jember, wajib yang ada dalam pendidikan
formal yang dapat dijadikan sebagai wadah pembinaan karakter dan
pengembangan potensi peserta didik.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus yang dikaji dalam
penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana penanaman nilai-nilai disiplin melalui kegiatan
ekstrakurikuler Pramuka di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jember? 2) Bagaimana
penanaman nilai-nilai jujur melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di Madrasah
Ibtidaiyah Negeri 1 Jember? 3) Bagaimana penanaman nilai-nilai toleransi melalui
kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jember?
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan penanaman
nilai-nilai disiplin melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di Madrasah
Ibtidaiyah Negeri 1 Jember. 2) untuk mendeskripsikan penanaman nilai-nilai jujur
melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1
Jember. 3) untuk mendeskripsikan penanaman nilai-nilai toleransi melalui
kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian adalah
penelitian lapangan (field research). Dengan lokasi penelitian di Madrasah
Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Jember. Subyek penelitian memakai teknik purposive
sampling dengan menggunakan sumber data, Teknik pengumpulan data dengan
Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Analisis data secara interaksif model
Milles dan Huberman dengan langkah-langkah Kondensasi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan
metode. Tahap penelitian ada 3 yaitu tahap prapenelitian, tahap kegiatan lapangan,
dan tahap analisis data.
Hasil penelitian ini mendapatkan beberapa hal penting: Pertama, kegiatan
kepramukaan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jember berjalan dengan baik yaitu
dengan adanya dukungan dari pihak sekolah yang memberikan jadwal khusus
setiap hari jumat, memiliki visi dan misi sebagai tolak ukur dalam menanamkan
nilai-nilai karakter siswa, materi kepramukaan mengacu pada Syarat Kecakapan
Umum yang meliputi aspek pengetahuan, keterampilan dan kepribadian, bentuk
kegiatan kepramukaan yang dilaksanakan mengandung prinsip belajar sambil
praktik (learning by doing), dan sarana prasarana yang cukup memadai. Kedua,
upaya Pembina Pramuka dalam menanamkan nilai-nilai karakter siswa berada
pada kategori baik, yaitu melalui pengamalan Dasa Darma di lingkungan sekolah
dengan membuat kegiatan yang menarik, menyenangkan dan mengandung nilai
pendidikan, memahami dan memfasilitasi siswa sesuai dengan kebutuhannya,
memberikan sanksi (punishment) yang mendidik kepada siswa yang melanggar
aturan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Bhakti Priawan
Date Deposited: 18 Nov 2020 02:51
Last Modified: 18 Nov 2020 02:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1082

Actions (login required)

View Item View Item