Integrasi Nilai-Nilai Islam Inklusif Dalam Pembelajaran Rumpun Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember

Ramadhani, Melati (2022) Integrasi Nilai-Nilai Islam Inklusif Dalam Pembelajaran Rumpun Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (Skripsi Integrasi Nilai Islam Inklusif)
Melati Ramadhani_T20171380.pdf - Draft Version

Download (1MB)

Abstract

Melati Ramadhani, 2022: Integrasi Nilai-nilai Islam Inklusif dalam Pembelajaran Rumpun Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember. Kata Kunci: Integrasi, Nilai-Nilai Islam Inklusif, Pembelajaran, Rumpun Pendidikan Agama Islam (PAI). MAN 2 jember merupakan madrasah aliyah negeri di kabupaten Jember yang berwawasan pluralis. Hal ini terlihat pada warga madrasah yang berasal dari berbagai latar belakang sosial dan budaya. Untuk mewujudkan madrasah yang berwawasan pluralis, upaya yang dilakukan yaitu mengintegrasikan nilai-nilai Islam inklusif yang berupa sikap toleransi, menerima adanya nilai kebenaran pada agama lain dan sesama umat Islam yang berbeda latar belakang sosial, menghilangkan sikap fanatisme dalam beragama, serta pemahaman pluralisme ke dalam pembelajaran rumpun PAI yaitu Al-Qur’an Hadis, Akidah Akhlak, Fikih, dan SKI. Penelitian ini berfokus pada: 1) Bagaimana integrasi nilai-nilai Islam inklusif dalam struktur kurikulum PAI di MAN 2 Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan integrasi nilai-nilai Islam inklusif dalam pembelajaran rumpun PAI di MAN 2 Jember 3) Bagaimana evaluasi pelaksanaan integrasi nilai-nilai Islam inklusif dalam pembelajaran rumpun PAI di MAN 2 Jember?. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan integrasi nilai nilai Islam inklusif dalam struktur kurikulum PAI di MAN 2 Jember 2) Mendeskripsikan pelaksanaan integrasi nilai-nilai Islam inklusif dalam pembelajaran rumpun PAI di MAN 2 Jember 3) Mendeskripsikan evaluasi pelaksanaan integrasi nilai-nilai Islam inklusif dalam pembelajaran rumpun PAI di MAN 2 Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis field research. Penentuan subyek penelitian dilakukan dengan sampling purposive. Teknik pengumpulan data berupa observasi pastisipasi pasif, wawancara semiterstruktur, dan dokumentasi. Menggunakan teknik analisis data interaktif model Miles Huberman dan Saldana yaitu data condensation, data display, dan drawing and verifying conclusions. Teknik keabsahan data berupa triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Setelah dilakukan penelitian, didapatkan hasil: 1) Integrasi nilai-nilai Islam inklusif dalam struktur kurikulum PAI di MAN 2 Jember dirancang dan ditetapkan langsung oleh pemerintah pusat yaitu Kemenag melalui KMA (Keputusan Menteri Agama) no. 183 dan 184 tahun 2019 dalam bentuk KI dan KD dan dipadukan dengan materi materi dalam mapel rumpun PAI., 2) Pelaksanaan integrasi nilai nilai Islam inklusif dalam pembelajaran rumpun PAI di MAN 2 Jember disesuaikan dengan Kurikulum yang terdapat dalam KMA no. 183 dan strateginya disesuaikan dengan kebutuhan materi serta tingkatan kelas pada peserta didik, dan 3) Evaluasi pelaksanaan integrasi nilai-nilai Islam inklusif dalam pembelajaran rumpun PAI di MAN 2 Jember dilakukan melalui penilaian kognitif, afekti

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Melati Ramadhani
Date Deposited: 20 Jul 2022 02:49
Last Modified: 20 Jul 2022 02:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10824

Actions (login required)

View Item View Item