ANALISIS EFIKASI DIRI (SELF EFFICACY) WIRAUSAHA PADA BISNIS ONLINE MAHASISWA PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM IAIN JEMBER

RIAWAN, ALVIN (2020) ANALISIS EFIKASI DIRI (SELF EFFICACY) WIRAUSAHA PADA BISNIS ONLINE MAHASISWA PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM IAIN JEMBER. Undergraduate thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) JEMBER.

[img] Text
ALVIN RIAWAN_E20162115.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pengangguran masih menjadi masalah sosial di Indonesia. Banyak orang bermimpi memiliki kesempatan untuk menempuh pendidikan tinggi di uneversitas. Namun kenyataannya banyak orang juga tidak bisa mendapatkan pekerjaan setelah meyelesaikan pendidikan tinggi mereka. Dengan berwirausaha seseorang dapat membuka lapangan kerja baik bagi dirinya sendiri maupun bagi orang lain. bisnis online merupakan peluang bisnis yang saat ini terbuka lebar bagi siapa saja yang mau menjalankannya. Tergantung pada diri individu seberapa besar keinginan dan efikasi diri yang dimilikinya.
Fokus penelitian ini yaitu, 1) Bagaimana efikasi diri (self efficacy) wirausaha pada bisnis online mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan bisnis Islam IAIN Jember?, 2) Bagaimana Strategi Pengembangan Wirausaha pada Bisnis Online Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Jember?. Adapun tujuan penelitian ini yaitu, 1) Untuk mendeskripsikan efikasi diri wirausaha pada bisnis online mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan bisnis islam. 2) Untuk mengetahui strategi pengembangan wirausaha pada bisnis online mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam penentuan subjek penelitian menggunakan Purposive serta menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini yaitu, Efikasi diri yang dimiliki mahasiwa dapat dilihat dari beberapa tingkah laku, yaitu, 1) Usaha yang dikeluarkan untuk mencapai tujuanya. 2) Daya tahan yang dimiliki menghadapi rintangan atau kegagalan, serta dengan mudah dapat mengembalikan rasa percaya diri setelah mengalami kegagalan. 3) Anggapan bahwa keaadaan tidak nyaman sebagai suatu tantangan, dan bukan sebagai sesuatu yang harus dihindari. 4) Pola pikir tidak mudah terpengaruh dengan situasi lingkungan, bahkan bisa mempengaruhi lingkungannya. 5) Tidak mudah mengalami stress atau depresi, selalu punya cara untuk membangkitkan emosi yang lebih baik. 6) dapat membuat tujuan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Adapun strategi pengembangan wirausaha dapat disimpulkan bahwa 1) Mahasiswa hanya sebagai reseller, fokus mahasiswa masih pada promosi dan pelayanan pesanan. Dengan pasar utama yaitu mahasiswa IAIN Jember, produk yang di tawarkan merupakan kebutuhan mahasiswa, dari fashion, produk kecantikan, dan kebutuhan sehari-hari. 2) Sumber keuangan adalah dari uang pribadi, sedangkan pengendalian dan pengawasan keuangan adalah dengan pembukuan sederhana dari pencatatan modal sampai laba, untuk keuntungan langsung ditabung dan juga digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. 3) mempromosikan barang dengan melalui sosial media seperti WhatsApp, Instagram, Facebook. Kelima, dalam mendistribusikan pesanan sampai ke konsumen sudah menggunakan jasa ekspedisi seperti JNE, J&T dan Pos untuk customer yang jauh dan diluar kota jember, dengan COD-an untuk customer yang dekat dan di dalam kota Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Bhakti Priawan
Date Deposited: 18 Nov 2020 03:03
Last Modified: 18 Nov 2020 03:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1083

Actions (login required)

View Item View Item