IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL MELALUI BUDAYA RELIGIUS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SILIRAGUNG BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2019/2020

Fitria Nurrohmah, Ulfa (2020) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL MELALUI BUDAYA RELIGIUS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SILIRAGUNG BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) JEMBER.

[img] Text
Ulfa Fitria Nurrohmah_T20161190.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan multikultural adalah pendidikan yang mengajarkan tentang
saling menghormati etnis, suku, ras dan agama yang berbeda, saling toleransi, dan
menjalani kehidupan bersama-sama tanpa adanya saling menjatuhkan satu dengan
yang lain (hidup rukun) dengan keyakinan masing-masing. Sedangkan budaya
religius pada hakikatnya adalah terwujudnya nilai-nilai ajaran agama dalam
berperilaku dan budaya organisasi yang diikuti oleh masyarakatnya.
Berdasarkan uraian di atas, maka fokus penelitian adalah: 1) Bagaimana
Implementasi Pendidikan Multikultural melalui Budaya Religius dalam Nilai
Ibadah siswa di SMP Negeri 1 Siliragung Banyuwangi Tahun Pelajaran
2019/2020?, 2) Bagaimana Implementasi Pendidikan Multikultural melalui
Budaya Religius dalam Nilai Akhlak siswa di SMP Negeri 1 Siliragung
Bnyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020?, 3) Bagaimana Implementasi Pendidikan
Multikultural melalui Budaya Religius dalam Nilai Kedisiplinan siswa di SMP
Negeri 1 Siliragung Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020?
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun jenis
penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah jenis penelitian
deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara,
observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah deskriptif kualitatif teori
milik Miles dan Huberman yang mengatakan analisis data terbagi menjadi tiga
aktifitas bersamaan: (1) Kondensasi data, (2) Penyajian data, (3) Dan penarikan
kesimpulan atau verifikasi. Kemudian keabsahan data peneliti menggunakan
kredibilitas data, yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Adapun beberapa kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu: 1)Budaya
religius dalam nilai ibadah siswa di SMP Negeri 1 Siliragung Banyuwangi
dilaksanakan melalui beberapa kegiatan yang peneliti bagi menjadi dua kegiatan
yakni: kegiatan rutinan (rutinan harian yakni pembiasaan membaca kitab suci
untuk semua agama dan kegiatan sholat dhuhur untuk siswa Muslim, rutinan
mingguan yakni kegiatan rutinan istighosah di hari jum’at pagi untuk siswa
Muslim dan rutinan bulanan yakni kegiatan jum’at takwa bagi siswa Muslim
melaksanakan sholat dhuha dan istighosah, bagi siswa Hindu melaksanakan
mekidung atau lagu kerohanian di pura, bagi siswa Kristen melaksanakan
kegiatan membaca kitab dan menyayikan puji-pujian) dan kegiatan insidentil (hari
besar agama: maulid Nabi, natal, kuningan). 2) Budaya religius dalam nilai akhlak
siswa SMP Negeri 1 Siliragung Banyuwangi dilaksanakan dalam tiga kegiatan
yaitu: kegiatan yang berhubungan dengan akhlak kepada Tuhan yakni membaca
kitab suci, kegiatan yang berhubungan dengan akhlak kepada sesama yakni
ta’ziah dan kegiatan yang berhubungan dengan akhlak kepada alam/lingkungan
yakni kerja bakti . 3) Budaya religius dalam nilai kedisiplinan siswa di SMP
Negeri 1 Siliragung Banyuwangi dilaksanakan melalui beberapa kegiatan yang
peneliti bagi menjadi dua yakni kegiatan yang melibatkan tata tertib sekolah dan
tata tertib dalam kegiatan keagamaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bhakti Priawan
Date Deposited: 18 Nov 2020 03:42
Last Modified: 18 Nov 2020 03:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1086

Actions (login required)

View Item View Item