Kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI di SMP negeri 1 Lenteng Sumenep

Achmad, Iqbalil Khair (2022) Kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI di SMP negeri 1 Lenteng Sumenep. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI ACHMAD IQBALIL KHAIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Kompetensi Pedagogik Guru di SMPN 1 Lenteng dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran PAI. Dengan fokus penelitian 1) Bagaimana Kompetensi Pedagogik guru dalam Perencanaan Pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Lenteng Sumenep Tahun Pelajaran 2021/2022? 2) Bagaimana Kompetensi Pedagogik guru dalam Pelaksanakan Pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Lenteng Sumenep Tahun Pelajaran 2021/2022? 3) Bagaimana Kompetensi Pedagogik guru dalam Evaluasi Hasil Belajar PAI di SMP Negeri 1 Lenteng Sumenep Tahun Pelajaran 2021/2022?. Dengan tujuan penelitian 1) Mendeskripsikan Kompetensi Pedagogik guru dalam Perencananan Pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Lenteng Sumenep Tahun Pelajaran 2021/2022. 2) Mendeskripsikan Kompetensi Pedagogik guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Lenteng Sumenep Tahun Pelajaran 2021/2022. 3) Mendeskripsikan Kompetensi Pedagogik guru dalam Evaluasi Hasil Belajar PAI di SMP Negeri 1 Lenteng Sumenep Tahun Pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research) menggunakan teknik pengumpulan data: 1) Observasi 2) Wawancara, dan 3) Dokumentasi. Pengujian keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan dua jenis yaitu: 1) Triangulasi sumber, dan 2) Triangulasi teknik. Dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif Milles dan Huberman yaitu 1) Kondensasi data, 2) Penyajian data. dan 3) Penarikan kesimpulan.
Penelitian ini memperoleh hasil bahwa 1) Kompetensi pedagogik guru dalam perencanaan pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Lenteng sumenep menerapkan pembelajaran sesuai Kurikulum 2013 dalam merancang pembelajaran, selain menyesuaikan KI dan KD yang akan di capai, guru juga menyesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki siswa, agar materi yang disampaikan sesuai dengan metode yang digunakan, dan memudahkan siswa dalam memahami pembelajaran. 2) Kompetensi pedagogik guru dalam Pelaksanaan pembelajaraan PAI di SMP Negeri 1 Lenteng Sumenep mengikuti perencanaan yang telah dirancang dan menyesuaikan dengan kondisi yang ada dalam kelas. Guru PAI SMPN 1 lenteng menerapkan 3 tahapan dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu Pre test, Proses, dan Post test. Dan juga menerapkan proses pengayaan terhadap aspek siswa melalui kegiatan-kegiatan diluar pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman, sikap dan keterampilan siswa, 3) Kompetensi Kompetensi pedagogik guru dalam evaluasi hasil belajar siswa PAI di SMP Negeri 1 Lenteng Sumenep menerapkan evaluasi/penilaian yang bersifat menyeluruh, bukan hanya penilaian melalui tahap tes dan ujian, namun juga penilaian terhadap proses yang terbagi dalam 3 aspek yaitu, Aspek Sikap, Aspek Pengetahuan dan Aspek Keterampilan.
Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik Guru, Mutu Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Achmad Iqbalil Khair
Date Deposited: 21 Jul 2022 03:48
Last Modified: 21 Jul 2022 03:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10869

Actions (login required)

View Item View Item