Kreativitas Guru Al-Qur'an Hadits Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Juz 'Amma Siswa Kelas VIII Masa Pandemi di Madrasah Tsanawiyah An-Nuriyyah Kaliwining Rambipuji Jember

Hilyatul Mawaddati, Hilya (2021) Kreativitas Guru Al-Qur'an Hadits Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Juz 'Amma Siswa Kelas VIII Masa Pandemi di Madrasah Tsanawiyah An-Nuriyyah Kaliwining Rambipuji Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NEW SKRIPSI HILYA 2022.pdf

Download (3MB)

Abstract

Hilyatul Mawaddati, 2021: Kreativitas guru al-qur‟an hadits dalam
meningkatkan kemampuan menghafal juz „amma siswa kelas VIII masa pandemi
di Madrasah Tsanawiyah An-Nuriyyah Kaliwining Rambipuji jember
Kata Kunci: Kreativitas guru al-qur‟an hadits untuk meningkatkan kemampuan
menghafal juz „amma
Kreativitas guru al-qur‟an hadits adalah kekreatifan guru dalam
mengajar ketika pembelajaran berlangsung dengan menggunakan tidak hanya
satu metode tapi dengan bervariasi yaitu metode ceramah, metode demonstrasi,
serta metode penugasan, agar sebagai guru juga harus peka bahwasanya metode
yang mana yang cocok untuk para peserta didik dalam meningkatkan menghafal
juz „amma.
Fokus penelitian, yaitu: 1)Bagaimana kreativitas guru al-qur‟an hadits
dalam meningkatkan kemampuan menghafal juz „amma siswa kelas VIII masa
pandemi di Madrasah Tsanawiyah An-Nuriyyah Kaliwining Rambipuji Jember?.
2)Bagaimana kendala kreativitas guru al-qur‟an hadits dalam meningkatkan
kemampuan menghafal juz „amma siswa kelas VIII masa pandemi di Madrasah
Tsanawiyah An-Nuriyyah Kaliwining Rambipuji Jember?. 3)Bagaimana upaya
kreativitas guru al-qur‟an hadits dalam meningkatkan kemampuan menghafal juz
„amma siswa kelas VIII masa pandemi di Madrasah Tsanawiyah An-Nuriyyah
Kaliwining Rambipuji Jember?
Tujuan dalam penelitian, yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan kreativitas
guru al-qur‟an hadits dalam meningkatkan kemampuan menghafal juz „amma
siswa kelas VIII masa pandemi di Madrasah Tsanawiyah An-Nuriyyah
Kaliwining Rambipuji Jember, 2) Untuk mendeskripsikan kendala kreativitas
guru al-qur‟an hadits dalam meningkatkan kemampuan menghafal juz „amma
siswa kelas VIII masa pandemi di Madrasah Tsanawiyah An-Nuriyyah
Kaliwining Rambipuji Jember, 3) Untuk mendeskripsikan upaya kreativitas guru
al-qur‟an hadits dalam meningkatkan kemampuan menghafal juz „amma siswa
kelas VIII masa pandemi di Madrasah Tsanawiyah An-Nuriyyah Kaliwining
Rambipuji Jember.
Peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dan jenis
penelitian Fiel Research. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan tehnik observasi, tehnik wawancara, tehnik dokumentasi.
Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan
Hiberman. Sedangkan pada keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi
sumber dan triangulasi tehnik.
Hasil penelitian dari penjelasan beberapa teori dan wawancara dari guru
al-qur‟an hadits, yaitu: 1) kreativitas guru al-qur‟an hadits dalam meningkatkan
kemampuan menghafal juz „amma siswa kelas VIII masa pandemi di Madrasah
Tsanawiyah An-Nuriyyah, ialah menjadi guru yang kreatif harus mempunyai
wawasan yang luas tidak dengan berpacu pada satu metode saja, harus bervariasi
mana yang lebih tepat untuk peserta didik untuk meningkatkan hafalan juz
„amma. 2) Kendala kreativitas guru al-qur‟an hadits dalam meningkatkan kemampuan menghafal juz „amma siswa kelas VIII masa pandemi di Madrasah
Tsanawiyah An-Nuriyyah Kaliwining Rambipuji Jember, yaitu: adanya rasa
jenuh, malas, dan karena faktor adanya hafalan selain dari MTs An-Nuriyyah
yaitu dari pesantren. 3) Upaya kreativitas guru al-qur‟an hadits dalam
meningkatkan kemampuan menghafal juz „amma siswa kelas VIII masa pandemi
di Madrasah Tsanawiyah An-Nuriyyah Kaliwining Rambipuji Jember, yaitu
dengan adanya diharuskan untuk menghafal juz „amma yang menargetkan dalam
waktu tiga tahun, tetapi ketika kelas VIII harus menghafal sebelas surah (surah
Al-Lail sampai surah Al-Infithar) maka sangat penting usaha dari seorang
pendidik (guru al-qur‟an hadis kelas VIII) dengan cara memotivasi para peserta
didik, memberi tambahan nilai bagi yang bersemangat dalam menghafal dan
memberi hukuman bagi yang tidak mengafal, menggunakan metode yang
bervariasi, serta muroja‟ah hafalan juz „ammanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Depositing User: Mrs Hilyatul Mawaddati
Date Deposited: 27 Jul 2022 01:11
Last Modified: 27 Jul 2022 01:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10878

Actions (login required)

View Item View Item